Senin, 31 Desember 2012

Catatan Akhir Tahun 2012

Hari ini adalah penghujung tahun 2012. Tidak ada yang istimewa, menurutku, dihari ini. Aktifitas masyarakat disekitarku, berulang seperti pada penghujung tahun-tahun sebelumnya, dan itu pernah aku ceritakan pada tulisan yang berjudul Pesta Tahun Baru.
 
Ada keinginan untuk hadir di masjid Adzikra, Sentul, bergabung dengan jamaah ustadz Arifin Ilham, untuk mendengarkan ceramah serta renungan akhir tahun. Namun hal itu tidak bisa kami lakukan, karena si kecil Yumna sedang demam.

Kamis, 27 Desember 2012

Menginspirasi atau Pamerisasi ?

Sebuah pertanyaan yang benar-benar ditujukan untuk diriku pribadi, rasanya memang lagi ingin bertanya seperti itu. Memiliki hoby menulis membuat semua serba ingin ditulis. Kisah sehari-hari, pengalaman pribadi, sampai semua kegiatan yang aku lakukan, seolah tidak ada yang ingin terlewatkan.
 
Sampai disini aku merenung, apakah sudah benar apa yang aku lakukan? Ketika aku bercerita tentang kegiatan sosialku di diary ini, mungkin memang ada beberapa orang yang terinspirasi, tapi benarkah niatku memang untuk menginspirasi ataukah justru 'pamerisasi' ? 

Rabu, 26 Desember 2012

Bangga Berbahasa Jawa

Sebagai orang Jawa, tentu aku bangga berbahasa Jawa, meski aku jarang dan belepotan jika menggunakannya, karena sudah sekian lama tidak berbahasa Jawa. Terus letak bangganya ada disebelah mana?
 
Sebagai orang Jawa aku merasa bangga ketika mendengarkan percakapan antara Bp. Suharto (presiden RI waktu itu), dengan delegasi dari Suriname. Suriname adalah salah satu negara bagian negri Belanda, yang penduduknya mayoritas berasal dari suku Jawa. Pada masa penjajahan entah karena faktor apa, mereka berpindah ke Suriname dan menetap disana.

Sabtu, 22 Desember 2012

MENGHISAP BIBIR

Eiiits....tidak, tidak...
 
Beberapa anak kecil mempunyai kebiasaan yang unik, yang biasanya dilakukannya secara spontan, sadar atau tidak sadar. Kebiasaan tersebut biasanya dilakukan menjelang tidur, atau pada saat si anak membutuhkan kenyamanan.
 
Memegang daun telinga, memeluk guling atau boneka yang sudah usang, menghisap bibir, menarik-narik rambut, dll, itu adalah beberapa kebiasaan unik yang dilakukan oleh para anak kecil. Meski menurut kita orang dewasa, hal tersebut terlihat aneh, tapi buat mereka apa yang mereka lakukan adalah sesuatu yang bisa mendatangkan kenyamanan.

Kamis, 20 Desember 2012

Silaturahim dengan Budayawan Muslim Dedy Mizwar

 
 
Hari ini Kamis, 20 Desember 2012 aku menyempatkan diri menghadiri acara silaturahim dengan budayawan muslim Dedy Mizwar. Acara yang di selenggarakan oleh Salimah (ikatan persaudaraan muslimah) Bojonggede ini, bertempat di masjid Al-Muhajirin Gaferi Bojonggede-Bogor.
 

Kamis, 13 Desember 2012

Sepi....

Mendung, kembali melangutkan jiwa
membawaku pada kerinduan akan kampung halaman
sebuah desa kecil, tempatku tinggal dimasa kecil
merajut asa membangun mimpi
bersama kawan ceria bercanda tawa


Semua yang tak terulang
masih terbayang dalam ingatan
dibuai manja ayah bunda
sebuah cinta yang tak terbagi
karena hanya aku yang mereka miliki


Andai waktu bisa diatur mundur
kuingin menata ulang masa depan
berkarya di kampung halaman
menghapus sepi disini
demi berbakti pada orang yang kucintai




                          *puisi ini diikutsertakan pada giveaway Semua Tentang Puisi*

 

Selasa, 11 Desember 2012

Pertama kali Menang GA

Sebagai orang baru di dunia maya, baru gabung juga digrup emak2 yang hoby nulis yaitu KEB juga WB, rasanya semangat banget mengikuti give away yang diadakan oleh sesama teman blogger.
 
Beberapa GA yang temanya 'ngeklik' dihati aku ikuti, masih dalam taraf coba-coba sambil melatih ketrampilan menulis. Untuk urusan mengejar hadiah, aku masih harus tahu diri karena di luar sana banyak yang lebih jago dan berpengalaman dalam hal menulis, meski bukan berarti aku nggak pede.

Senin, 10 Desember 2012

One Day No Rice

image from here
 
Sehari tanpa nasi, adalah program yang dicanangkan oleh kementrian pertanian, dalam rangka mengurangi tingkat ketergantungan kita terhadap beras, dan untuk membuat kita lebih mengenal keanekaragaman pangan yang terdapat di Indonesia.
 
Seperti yang kita tahu, sumber karbohidrat bukan hanya nasi saja, tapi bisa berasal dari jagung, gandum dan umbi-umbian seperti singkong, ubi, tales, dll. Kita tidak perlu khawatir akan kekurangan karbohidrat dengan sehari tidak makan nasi, karena kita bisa menggantinya dengan sumber karbohidrat yang lain.

Sabtu, 08 Desember 2012

Temu Blogger Anti Korupsi di Gedung KPK

Jumat, 7 Desember 2012 kemarin aku hadir di gedung KPK, memenuhi undangan dari panitia temu blogger anti korupsi, sekaligus pengumuman pemenang lomba blog KPK. Sehari sebelumnya aku menerima telepon dari salah satu panitia, untuk mengkonfirmasi apakah aku bersedia datang atau tidak.
 
Undangan sebenarnya sudah di kirimkan lewat email, tapi karena aku jarang membukanya, jadilah undangan tersebut tidak terbaca. Aku baru mengetahui setelah menerima telfon.
 
Jujur, aku sangat supraise ketika tahu yang meneleponku adalah panitia lomba, jangan-jangan akulah pemenangnya, aku membathin. Tapi ketika aku tanya "Siapa pemenangnya Pak, apa aku salah satunya?" "Kalau itu masih rahasia." Jawab panitia tadi. Keterkejutanku berubah menjadi harap-harap cemas.

Rabu, 05 Desember 2012

Resolusi 'Kecil' yang Bermakna 'Besar'


Awalnya, aku merasa bahwa aku tidak memiliki resolusi ditahun 2012 ini, bagiku segala sesuatunya terbiasa dibiarkan mengalir seperti air. Tapi, sejenak aku mengingat-ingat, apa benar aku tidak memiliki target yang ingin aku capai ditahun 2012 yang beberapa hari lagi akan segera berlalu ini?
Setelah sedikit menelaah tentang apa-apa yang pernah aku lakukan, dan harapan-harapan apa saja ingin aku wujudkan ditahun 2012, akhirnya aku temukan jawabannya. Ya...ditahun 2012 ini, aku memiliki resolusi. Sebuah resolusi yang sepertinya ‘kecil’ sehingga hampir tidak terlihat, padahal memiliki makna yang sangat besar, setidaknya menurutku.



Sabtu, 01 Desember 2012

Antusiasme Pasien Klinik USMC

Baru dua minggu USMC membuka praktek dua kali dalam sepekan, pasien yang datang di hari Kamis, lumayan banyak. Seperti halnya Kamis tanggal 29 November kemarin, pasien yang mendatangi klinik USMC ada 10 orang. Sepuluh orang adalah jumlah yang menurut kami ideal untuk tiap kali praktek, yang lamanya hanya kurang lebih tiga jam. Tentu saja kami tetap melayani jika pasien yang datang lebih dari itu.


Rabu, 28 November 2012

Mati Lampu dan Minyak Bekas

 
 
Disaat musim hujan seperti sekarang ini, mati lampu adalah sesuatu yang biasa terjadi terutama di daerah tempat aku tinggal. Daerah yang masih termasuk wilayah Bogor yang memiliki julukan kota hujan, tentu sering mengalami hujan lebat yang cukup lama.
 
Kalau sudah begini, mati lampu seolah tidak bisa dihindari apalagi jika hujan yang turun disertai dengan angin ribut dan petir yang menggelegar. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan kerusakan pada instalasi listrik milik PLN, alhasil, listrikpun padam.
 

Selasa, 27 November 2012

Profil Dr. H. Ahmad Heryawan

image from here


"Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama" Kutipan sabda Rasulullah SAW menjadi motivasi dalam keseharian H. Ahmad Heriawan. Lc (Gubernur Jabar) atau yang biasa kita sapa dengan sebutan Kang Aher. Sebagai salah satu cendekiawan muslim kelahiran Sukabumi, Kang Aher dikenal sebagai tokoh publik yang cerdas, ramah, bijaksana, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Senin, 26 November 2012

Jalan Sehat Keluarga

Pagi ini Ahad 25 November 2012, kami sekeluarga berniat mengikuti Jalan Sehat Keluarga yang di adakan oleh sahabat Ahmad Heriawan. Acara yang diprakarsai oleh DPC PKS Bojonggede ini berlangsung di jalan baru dengan start serta finish di pertigaan Bambu Kuning. 

Kami berangkat dari rumah sekitar pukul tujuh pagi, dan tidak lama setelah kami sampai, acara jalan sehat segera dimulai. Acara yang diselenggarakan dalam rangka merayakan tanggal 10 Muharam ini, diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai daerah disekitar kecamatan Bojonggede.

Klinik USMC Buka Dua Kali dalam Sepekan

Demi memaksimalkan pelayanan terhadap kaum duafa, klinik USMC yang awalnya hanya buka satu kali dalam sepekan, mulai bulan November ini membuka pelayanan dua kali yaitu pada hari Senin dan hari Kamis.
 
 Hal ini disambut baik oleh para duafa yang menjadi member klinik, karena akan memudahkan mereka dalam berobat. Ketika sakit mereka tidak perlu menunggu terlalu lama hingga penyakitnya menjadi semakin parah, tapi mereka bisa memilih hari yang terdekat untuk segera berobat.
 

Kamis, 22 November 2012

Gaza Menang, Allahu Akbar!

Setelah berhari-hari melancarkan serangan di jalur Gaza, membombardir secara serampangan karena putus asa, akhirnya Israel memohon gencatan senjata yang menandakan bahwa mereka kepayahan menerima aksi balasan dari para pejuang Hamas.
 
Atas izin Allah, pejuang Hamas mampu menandingi serangan-serangan yang dilancarkan oleh zionis Israel. Isrel tidak menduga sebelumnya bahwa roket-roket Hamas mampu menjangkau Tel Aviv. Bom bunuh diri yang dilakukan oleh muslimah di ibukota Israel tersebut pun, telah mampu menggambarkan betapa marahnya rakyat Palestina atas peristiwa penyerangan ini. Belum lagi tekanan dunia internasional yang begitu kuat sehingga menyudutkan posisi Israel dan para pendukungnya.

Rabu, 21 November 2012

KRIUK JAMUR

image from here
 
"Assalamualaikum, goreng jamur tepung terigunya diairin apa ga sih?" Sebaris SMS dari Eka. Sore-sore hujan begini memang enaknya bikin yang kriuk-kriuk, salah satunya kriuk jamur.
 
Berawal dari kebiasaan Helmi yang suka coba-coba resep didapur, akhirnya aku jadi tahu cara bikin kriuk jamur. Helmi yang hobi makan sepertinya kurang puas dengan membeli kriuk jamur di sekolah, yang seribu cuma seumprit, nggak nendang, katanya. Maklum, badannya yang jumbo tentu sesuai dengan nafsu makannya yang juga besar, meski aku sering mewanti-wanti agar mengurangi porsi makannya karena khawatir obesitas.

Selasa, 20 November 2012

Marah karena Nggak Mau Kalah

Sedari kemarin susah sekali ngambil gambar Yumna disaat marah, akhirnya aku dapat akal. Ketika Yumna sedang main lapi, aku coba sedikit "nggangguin" dengan mengatakan "Yumna lapinya mau di pake sama Umi, gantian ya." Jadilah Yumna marah, kerena ia baru sebentar make lapi, dan munculah ekspresi seperti dibawah ini.
 
Jreng jreng,,,,

Syarat Menjadi Anggota Brigade Al Qassam


Baru-baru ini surat kabar Amerika New York Times, melansir berita bahwa brigade Al Qassam yang merupakan sayap militer gerakkan Hamas terlihat lebih disiplin dan profesional.

Pernyataan tersebut sangat bisa dipahami jika kita mengetahuinya. Bagaimana tidak, selain para pemimpinnya yang berjiwa militan, syarat untuk masuk menjadi anggota brigade Al Qassam diantaranya adalah, melaksanakan sholat subuh berjamaah selama 60 hari berturut-turut. Jika satu kali saja tertinggal, maka akan di diskualifikasi.

Senin, 19 November 2012

Maafkan Kami GAZA

Udara yang dingin malam ini, membuatku merasa nyaman tidur beralaskan kasur yang empuk, berselimut tebal nan lembut. Tertidur pulas karena perut kenyang setelah beberapa jam sebelumnya, makan malam dengan makanan yang tidak kurang.
 
Tapi bagaimana dengan saudaraku yang ada di Gaza Palestina, di bumi suci tempat kelahiran para nabi, yang saat ini tengah dibombardir oleh kejamnya tentara Israel laknatullah? Apakah mereka senyaman kita di sini?

Minggu, 18 November 2012

Belanja Hemat di Alfamart



Keberadaan minimarket sebagai tempat berbelanja yang nyaman, yang letaknya mudah dijangkau dengan harga belanjaan yang terjangkau, telah menjadi kebutuhan dimasyarakat. Menjamurnya berbagai macam minimarket, adalah salah satu solusi yang ditawarkan oleh para pengusaha ritel untuk memenuhi kebutuhan ini.

Namun tidak semua minimarket, mampu memuaskan para pelanggannya dalam banyak hal sekaligus. Adalah Alfamart sebuah minimarket terkenal dan terpercaya yang dibuktikan dengan jumlah membernya yang terbanyak dibandingkan dengan minimarket lain, mampu memuaskan pelanggannya dalam beberapa hal secara bersamaan.

Kamis, 15 November 2012

Give Away Mudah untuk dapat Hadiah

Dari hasil blog walking, aku mendapati sebuah give away yang beda dari biasa. Kita hanya diminta menulis jawaban kuis dikolom komentar dan memilih hadiahnya sendiri, gampang kan?
Judulnya adalah CELEBRATING7OVE 
 

Selasa, 13 November 2012

Obyek Wisata GUCI


Dari blog tetangga yaitu info-lomba.com, aku mendapat informasi tentang lomba pembuatan logo obyek wisata Guci yang terletak di kabupaten Tegal. Lomba dengan hadiah cukup menarik tersebut, diselenggarakan oleh disbudpar kabupaten Tegal dalam rangka visit Jawa Tengah 2013. Sayang aku tidak memiliki keahlian membuat logo, baik dua dimensi apalagi tiga, jadi...tidak ada niat untuk mengikuti lomba ini.
 
Obyek wisata Guci adalah salah satu obyek wisata favorit kami, ketika kami sedang berada di kampung halaman. Meski kampung halaman kami berada di daerah Pemalang, sedangkan Guci di daerah Tegal, namun jaraknya cukup dekat dengan desa kami Karangsari, yang terletak di Pemalang bagian selatan. Karena obyek wisata Guci juga terletak di Tegal bagian selatan.
 

Senin, 12 November 2012

Nyaman Bersama Batik

Cantik, etnik, halus, lembut, adem dan nyaman, itulah kesan yang aku tangkap tentang batik. Batik yang saat ini tengah naik daun, semenjak pemerintah menganjurkan agar batik menjadi salah satu seragam kerja di perkantoran baik milik pemerintah ataupun swasta, memang semakin diminati oleh masyarakat.
 
Sebelumnya batik hanya identik dengan kain panjang yang dipakai oleh para darah biru di keraton-keraton, atau ibu-ibu tua yang tidak modern, juga oleh ibu-ibu muda yang menggunakan daster batik hanya sebagai 'seragam kerjanya' di dapur sampai tempat tidur.

Rabu, 07 November 2012

Kenangan Dangdut Lama

Lagu terkadang membawa kenangan tersendiri bagi seseorang, entah itu kenangan yang indah, menyenangkan, menyedihkan, atau kenangan yang lucu. Pun juga denganku yang mempunyai kenangan tidak menyenangkan dengan lagu dangdut lama.
 
Aku dilahirkan sebagai anak tunggal, tidak berkakak adik. Di rumah aku hanya bersama ibu yang lebih sering sibuk dengan segala tetekbengek pekerjaan rumah, sementara bapak bekerja. Jarang sekali ibu mengajakku ngobrol, mengajari mengerjakan PR atau bermain-main denganku. Yah, aku maklum, karena hanya sebatas itulah pengetahuan dan kemampuan  beliau yang hanya seorang wanita sederhana. Beliau tidak paham apa itu parenting skill. Keseharianku hanya ditemani sebuah boneka yang tingginya hampir menyamai tinggi badanku waktu itu, yang dibelikan oleh bapak.
 

Sabtu, 03 November 2012

Bersama USMC



Aktifitasku yang lain adalah menjadi sukarelawan USMC. USMC adalah singkatan dari Ummu Summayah Medical Centre yaitu sebuah lembaga sosial yang bergerak dibidang kesehatan. Lembaga ini murni lembaga sosial yang tidak profit, kami memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu dengan sistim membership, secara cuma-cuma.

Rasanya sangat menyenangkan bergabung dengan USMC, karena bisa sedikit membantu meringankan beban hidup kaum duafa. Tugasku di sini adalah membantu dr. Ririn meracik obat. Meramu obat baik dalam bentuk tablet ataupun puyer sudah biasa aku lakukan, buatku hal ini sangat menyenangkan, karena aku merasa mendapat keahlian baru.

Rabu, 31 Oktober 2012

Andai Aku Menjadi Ketua KPK

Ketua KPK adalah sebuah jabatan yang sangat penting, yang tidak sembarang orang bisa memangkunya. Tidak hanya penting, tapi juga "berbahaya", karena dengan menjadi ketua KPK akan ada banyak kasus korupsi yang melibatkan orang-orang kuat dan berpengaruh yang harus ditangani tanpa pilih bulu.
 
Orang-orang kuat dan berpengaruh yang terlibat kasus korupsi inilah yang memiliki kemungkinan akan menganggap KPK sebagai musuh, sehingga dengan kekuatan dan pengaruhnya, mereka bisa saja melakukan hal-hal yang bersifat ancaman bagi keselamatan ketua KPK dan para pimpinan yang lain bahkan anggota keluarganya.

Kamis, 25 Oktober 2012

JILBAB BOOMING

Dewasa ini jilbab menjadi pakaian yang sangat umum dikenakan oleh para muslimah. Tidak seperti diera 80 an, dimana jilbab tak ubahnya seperti momok yang ditakuti dan dibenci oleh banyak orang. Beberapa pihak pun memanfaatkan situasi ini, dengan semakin menyulutkan kebencian kepada para jilbaber waktu itu.
 
Yaitu dengan cara menyebar fitnah bahwa para pemakai jilbab menabur racun di sumber air milik warga. Sekolah-sekolah negri ataupun swasta, melarang siswinya memakai jilbab kecuali sekolah-sekolah yang berlabel islam. Kantor-kantor baik milik pemerintah atau swasta pun tak ketinggalan dalam melarang pemakaian jilbab diistansinya.
 
Ibarat kata, jilbab waktu itu identik dengan sesuatu yang menyeramkan, aneh, ketinggalan jaman, sulit mendapatkan sekolah, sulit mencari kerja, bahkan sulit mendapatkan jodoh. Segala hal yang buruk seolah menjadi image  yang melekat pada para jilbaber.

Senin, 22 Oktober 2012

Seberapa Banyak Kesabaran yang di Butuhkan Oleh Seorang Ibu?

Menjadi ibu memang membutuhkan kesabaran ekstra terutama ketika menghadapi permasalahan anak. Dua orang anak perempuanku hampir tidak memiliki masalah yang berarti dari semenjak mereka kecil hingga sekarang, mudah- mudahan seterusnya.
 
Tapi untuk Helmi, satu-satunya anak lelaki kami, masalah hampir selalu ada disetiap fase tumbuh kembangnya. Seperti yang pernah aku kisahkan di Anakku Tidak Mau Sekolah    adalah masalah yang dialami Helmi ketika TK, dan tulisanku yang bejudul Anakku Tidak Mau Sekolah part 2 permasalahan yang di hadapi Helmi ketika awal masuk SD.

Jumat, 19 Oktober 2012

Senangnya, Jalan-Jalan Sama Yumna

Siang ini aku berniat pergi ke minimarket untuk berbelanja tentunya. Setelah ngeloni   Yumna  dengan tujuan agar ia bisa aku tinggal, tapi setelah hampir satu jam ngeloni,  Yumna nggak tidur-tidur juga, akhirnya aku putuskan untuk berangkat karena kalau menunggu sore hari khawatir terhalang hujan.
 
Tidak diragukan lagi kalau melihat aku pergi, pasti Yumna minta ikut, jadi aku tidak mencoba mambujuknya karena percuma hanya buang-buang waktu toh akhirnya ia ikut juga. Hanya jika ada Abinya saja Yumna mau aku tinggal di rumah, atau jika aku perginya diam-diam dengan mengendap-endap pula (kayak apaaa gituh...).

Kamis, 18 Oktober 2012

Ikut Lomba Bikin Lupa Segala

#halagh judul yang lebay...
 
Belakangan ini aku lagi semangat ikut lomba menulis, entah itu give away yang diadakan oleh teman bloger di KEB, lomba menulis tentang aku dan PLN, mengirim tulisan di "ngeblog terapi jiwa" nya KEB, dan yang terakhir berminat ikut lomba menulis yang diadakan oleh KPK meski belum ada konsep di kepala.
 
Yang penting semangadh...sambil mengasah ketrampilan menulis, menambah wawasan, menambah ilmu serta pengalaman, soal hadiah itu nomer kesekian, tidak menjadi tujuan utama.

Selasa, 16 Oktober 2012

Aku dan PLN : Listrik Murah Idaman Rakyat

Listrik telah menjadi kebutuhan bagi seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat kelas atas, menegah ataupun masyarakat kelas bawah. Kebutuhan akan listrik ini hampir sama dengan kebutuhan kita akan sembako, yang apabila tidak tercukupi maka akan menimbulkan kegelisahan dan keresahan di masyarakat.
 
Sejak di ketemukannya bola lampu pijar oleh Thomas Alfa Edison sekitar 133 th yang lalu, dunia semakin bersinar, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan sangat pesat. Berbagai macam peralatan yang penggunaanya membutuhkan energi listrik banyak di temukan dan diciptakan oleh para ahli. Misalnya saja beraneka rupa peralatan rumah tangga yang cara pemakaiannya sangat praktis sehingga memanjakan para ibu.


Rabu, 10 Oktober 2012

Cara Mengatasi Kelelahan Fisik di Tengah Padatnya Aktifitas

Istirahat adalah cara yg paling tepat untuk mengatasi rasa lelah, aku yakin semua setuju dg kalimat ini. Tapi bagaimana jika di tengah kelelahan, kita juga dihadapkan pada setumpuk pekerjaan yg harus selesai saat itu juga?
 
Tentu kita tidak bisa mengambil waktu untuk istirahat meskipun tubuh kita memerlukannya. Kita akan terus diburu pekerjaan, yg menjadi tanggung jawab kita untuk segera di selesaikan.
 

Senin, 08 Oktober 2012

Ikut Undian Bikin LOLA ?

Adakah dari anda yang pernah mengalami masalah sepertiku?
Dua bulan ini aku mengikuti undian yg diadakan oleh sebuah operator seluler kenamaan. Yaitu dg cara menukarkan poin yg aku punya setelah mengisi pulsa untuk modem lptp.
 
Setelah mendaftar paket UN untuk satu bulan, tanpa pikir panjang aku ikuti petunjuk penukaran poin dg nomer undian yg jika beruntung aku akan mendapatkan beberapa hadiah menarik.

Minggu, 07 Oktober 2012

"Ngetrek" di Billabong

Sudah beberapa hari Minggu aku menyempatkan diri untuk "ngetrek" di Billabong, sekedar untuk mengasah ketrampilanku dalam berkendara. Billabong adalah sebuah komplek yg berisi villa2 mewah yg sebagian besar tidak berpenghuni.
 
Komplek ini memiliki jalanan yg lebar sekitar 8 meter, dg lalu lintas yg tidak ramai karena bukan merupakan jalan raya sehingga cocok sebagai tempat untuk latihan mengendarai motor atau mobil. Dengan mengendarai mioj aku menuju ke Billabong yg jaraknya kurang lebih 3 km dari rumah.

Selasa, 02 Oktober 2012

Hujan Es Kali ke Dua

Sudah beberapa hari ini, udara Bojonggede terasa "nglekeb", panas dan lembab. Sepertinya awan yg menutupi lumayan tebal, terlihat dari sinar matahari yg sedikit redup dg udara yg terasa cukup panas.
Namun, sekitar pukul 15.00 sore tiba-tiba angin bertiup kencang diiringi hujan yg mulai turun rintik-rintik. Tidak lama dari itu suara gemeretak terdengar dari atap rumah, seperti ada seseorang yg menabur batu.
Spontan aku bertanya dalam hati "Apa sedang terjadi hujan es, ya?" Setengah berlari aku membuka pintu depan dan melihat ke teras rumah, subhanallah....benar, ternyata sedang terjadi hujan es !

Senin, 01 Oktober 2012

Demo Menentang Penistaan Nabi

Ahad, 30 September 2012 aku berkesempatan mengikuti aksi damai menentang film The Innocence of Muslims yg bertempat di depan kedubes AS Jakarta. Film ini berisi tentang penghinaan terhadap Rasulullah SAW, seorang yg dimuliakan tidak hanya oleh manusia tapi juga oleh Allah SWT karena kemuliaan akhlaknya.

Film yg di buat oleh sutradara Alan Roberts dg seorang produser penganut kristen koptik Nakoula Basseley Nakoula ini memicu aksi protes di seluruh dunia. Atas nama kebebasan berekspresi mereka tanpa ragu-ragu menghina Rasulullah SAW.

Sabtu, 29 September 2012

WANITA ISTIMEWA

Mengasuh tiga orang anak yang salah satunya masih balita, bukanlah pekerjaan yang mudah. Hampir seluruh waktu, tenaga dan pikiran terfokus kepada mereka. Satu anteng, satunya lagi rewel, yang kecil diam dua yang besar berantem, terus saja silih berganti.
 
Tidak terbayang bagaimana jika anak-anak kami jumlahnya lebih dari tiga, meski sebenarnya aku ingin punya lima.  Mungkin aku tidak akan punya me time, tidak bebas pergi kesana kemari, tidak memiliki waktu untuk mengembangkan diri, belum lagi masalah budget yang harus besar, dll.

Minggu, 23 September 2012

Kucing Hitam yang Malang

Di rumah kami ada tiga ekor kucing yg setiap hari berlangganan melintas. Yang pertama kucing putih belang abu-abu, yg ke-2 kucing putih belang hitam dan yg ke-3 kucing hitam  legam bersorot mata tajam.
 
Kucing-kucing tersebut bukan hewan peliharaan kami, mereka hanya sekedar melintas untuk kemudian duduk di tangga sambil mencari sisa-sisa makanan dari tempat sampah yg aku letakkan di anak tangga sebelum di masukkan ke tempat sampah besar yg ada di teras rumah.
 

Selasa, 18 September 2012

TERAMPIL BERKENDARA

Terampil berkendara rasanya menjadi keharusan buatku sebagai sarana untuk mendukung aktifitasku diluar rumah.  Jika selama ini aku selalu bergantung pada suami atau abang ojek untuk mengantar ketempat tujuan, mulai sekarang aku akan berusaha agar bisa melakukannya sendiri.

Berbekal keberanian yg masih seperempat alias lebih banyak takutnya, beberapa hari kemarin aku mulai belajar mengendarai sepeda motor.

Senin, 17 September 2012

Calung, Kesenian Tradisional Masyarakat Karangsari

Calung adalah kesenian tradisional yg dimiliki masyarakat Karangsari. Grup ini terdiri dari 8 personil yg memainkan berbagai macam perkusi diantaranya gendang, beberapa buah angklung, pianika, dll.
 
Aku beruntung berkesempatan mengambil gambar sesaat sebelum mereka show disebuah hajatan warga. Mereka memang kerap diundang  oleh warga yg sedang mengadakan kenduri untuk menyemarakkan acara.

Kamis, 13 September 2012

Pindang Ikan Bandeng Resep dari Mertua


Mertuaku seorang yg sangat hoby memasak, tidak hanya hoby tapi beliau juga ahli memasak berbagi macam masakan. Rasanya apapun yg beliau masak hasilnya selalu enak.

Meski yg dimasak hanya pepes tahu tapi rasanya enak dan sedap, belum lagi masakan-masakan lainnya selalu sedap khas orang tua.

Selasa, 11 September 2012

Ramuan Unik Untuk Obat Anti Mabok

Memiliki kebiasaan mabok perjalanan memang sangat tidak menyenangkan, selain mengganggu kenyamanan, juga membuat kita tidak bisa menikmati perjalan tersebut.
 
Anakku Helmi merupakan salah satu anak yg memiliki kebiasaan tidak mengenakkan itu. Setiap kali kami akan melakukan perjalanan baik jarak dekat apalagi jauh, Helmi lah yg paling susah dinegosiasi.
 

Kamis, 06 September 2012

BAJU ARMY


Baju army adalah baju seragam yg digunakan oleh tentara semisal TNI.Baju army yg dikenakan TNI warnanya loreng antara hijau dan hitam dg lebih dominan hijau. Warna tersebut dipilih mungkin karena di Indonesia masih terdapat banyak hutan, sehingga dg pilihan warna hijau, mereka akan mudah bersembunyi dg cara kamuflase.

Senin, 03 September 2012

KROKOT Tanaman Liar Kaya Nutrisi



Krokot adalah tanaman liar yg bisa tumbuh dimana-mana, tidak hanya di persawahan yg subur tapi juga di daerah yg tanahnya tandus. Bahkan krokot bisa hidup di sela-sela trotoar di pinggir jalan.
 
Untuk saat ini, krokot dikategorikan sebagai tanaman liar karena tidak dibudidayakan seperti halnya tanaman lain. Namun tidak menutup kemungkinan dimasa yg akan datang krokot akan menjadi tanaman budidaya mengingat khasiat dan manfaatnya yg sangat besar.


Sabtu, 01 September 2012

Karangsari Sumber Air Bagi Daerah di Sekitarnya



Desa Karangsari merupakan desa yg memiliki sumber air yg melimpah, bahkan ketika musim panas dimana sumber air desa sekitarnya mengering, di Karangsari sumber air tetap mengalir meski tidak sederas pada saat musim penghujan.
 
Airnya yg jernih yg keluar langsung dari mata air membuat air di desa kami lebih diminati oleh masyarakat desa sekitar. Terbukti ketika musim panas melanda, mereka banyak yg  berdatangan untuk mandi, mencuci dan mengambil air dari mata air di desa kami.

Karangsari Terus Berbenah

Pembangunan dibeberapa sektor kini tengah dilakukan di desa kami Karangsari, mulai dari pengecoran sebuah tebing yg terletak beberapa meter dari bangunan gedung MTS Karangsari, pendirian gedung PAUD yg semula menempati rumah dinas guru SDN 03, sampai pengaspalan beberapa jalan di gang-gang kecil.

Jumat, 31 Agustus 2012

Hunting Makanan di Pasar Karangsari

Nafsu primitif manusia adalah makan oleh karena itu dimanapun berada yg pertama kali dicari adalah makanan, asal tidak berlebihan hal ini tentu boleh-boleh saja.
Berada di kampung halaman membuatku kangen dg makanan khas yg biasa ada di Karangsari yg sering aku nikmati sedari kecil.
 
Berburu makanan di pasar adalah salah satu hal yg ingin aku lakukan, tapi entah kenapa ada banyak keengganan yg menghalangi salah satunya mungkin karena aku tidak terlalu hoby pergi ke pasar.
 

Kamis, 30 Agustus 2012

Catatan Mudik 2012, BUKAN MUDIK KALAU NGGAK MUACEET



Mudik kali ini tidak jauh berbeda dg mudik tahun-tahun sebelumnya yaitu diwarnai kemacetan di sepanjang jalur pantura. Namun ada sedikit peristiwa yg membuat mudikku kali ini terasa berbeda yaitu "nyasarnya" kami dari jalur alternatif yg ditentukan hingga kami hampir saja kehilangan moment untuk berlebaran bersama orang tua di kampung halaman.
Ingin tahu kisahnya? Check it out!

Senin, 27 Agustus 2012

Kue Cukit Kuliner Ramadhan Khas Karangsari



Setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing yg biasanya berbeda dg daerah lainnya, demikian juga dg kampung halamanku Karangsari. Di Karangsari ada sebuah makanan yg hanya bisa dijumpai pada bulan Ramadhan saja yaitu kue cukit.

Kue cukit adalah kue yg bentuknya sama persis dg kue serabi, tapi bahan yg dipakai untuk membuatnya berbeda. Kue serabi terbuat dari tepung beras yg dicampur dg santan kelapa, sedangkan kue cukit dibuat dg menggunakan tepung terigu ditambah ragi atau tape singkong sebagai bahan untuk memfermentasi.

Sabtu, 25 Agustus 2012

Keindahan Panorama Alam Desa Karangsari

Berada di kampung halaman sangat disayangkan jika hanya melewatkan waktu berlibur begitu saja tanpa melakukan sesuatu. Jika di waktu-waktu sebelumnya aku tidak terlalu memperhatikan hal-hal "kecil" karena menurutku sudah biasa, tapi kali ini berbeda.
 
Banyak hal-hal yg menarik untuk diperhatikan dan rasanya pantas untuk dijadikan bahan tulisan diblog ini. Salah satunya adalah tentang keindahan panorama alam desa Karangsari.

Jumat, 24 Agustus 2012

Setelah Break, Akhirnya...Kembali Menulis


 

Setelah sekian lama tidak posting, akhirnya...aku kembali menekuni hoby menulisku ini. Beberapa hal menjadi alasan kenapa aku break menulis, salah satunya adalah karena bertemunya kita dg bulan suci Ramadhan.
 
Sebagai seorang muslim tentu kita tidak ingin mensia-siakan bulan suci tersebut, oleh karena itu aku lebih memilih mengurangi waktu on line dan menggantinya dg kegiatan lain yg lebih bermanfaat. Alasan lain kenapa tidak juga menulis adalah, ketiadaan signal telkomsel ketika berada di kampung halaman.
 

Selasa, 24 Juli 2012

BELAJAR PUASA



Puasa bagi orang tua adalah suatu hal yg biasa yg tidak terasa berat, tapi tidak demikian dg anak-anak. Bagi anak-anak yg belum memasuki usia baligh puasa yg dilakukan adalah dalam rangka belajar, bukan dilakukan karena kewajiban.

Senin, 23 Juli 2012

LOMBA HAFALAN


Dihari ke-2 Ramadhan kami mengikuti lomba hafalan Al-Qur'an yg diadakan oleh KOMPAK (komunitas penghafal Al-Qur'an) Bojonggede.
Lomba tersebut diikuti oleh 12 kelompok peserta yg berasal dari berbagai halaqah yg ada di Bojonggede dan sekitarnya.

Sabtu, 14 Juli 2012

MASA KESEDIHAN


 
"Bangkitlah bangsaku....harapan itu masih ada
berjuanglah negriku....jalan panjang masih terbentang"
 
 
Sebait lirik yg sempat aku dengar dari nasyidnya shoutul harakah yg tanpa sengaja di putar oleh anakku, seolah memahami kesedihan yg kini sedang terasa atas kandasnya harapan kami untuk memiliki seorang pemimpin yg sholeh bagi DKI.

Minggu, 24 Juni 2012

MENCONTEK



Mencontek adalah perbuatan curang yg dilakukan oleh orang yg memiliki sifat tidak jujur demi mendapatkan nilai tinggi. Biasanya mencotek dilakukan disaat ulangan ataupun ujian. Mencontek biasanya dilakukan dg cara melihat jawaban teman atau melihat catatan yg  sudah dipersiapkan sebelumnya.

Jumat, 22 Juni 2012

KERAK TELOR



Bulan ini ibu kota negara kita Jakarta merayakan hari jadinya yg ke-485, perayaan pun dilakukan secara meriah ditiap sudut ibukota. Dari dibukanya Jakarta Fair hingga digratiskannya taman impian jaya Ancol bagi pengunjung yg datang pada tanggal 21 Juni kemarin.

Kamis, 21 Juni 2012

Kecap Jeruk Nipis



Kecap jeruk nipis adalah salah satu ramuan obat tradisional untuk menyembuhkan batuk. Entah apa kandungan pasti ramuan kecap jeruk nipis ini, tapi sepertinya tidak jauh beda dg OBH/OBP yaitu Hcl dan NaCl serta zat-zat yg lain.

Selasa, 19 Juni 2012

MLP (Multi Level Pahala)


Keberadaaanku sekarang sebagai seorang ibu rumah tangga yg bisa membuat blog meski sederhana dan bisa sedikit corat coret di dalamnya, adalah tidak lepas dari peran seorang teman pebloger senior yg secara tidak langsung telah menginspirasiku kearah itu, dialah Anazkia Aja.

Anazkia Aja adalah nama dunia maya dari Ely Yuliana, nama ini aku dapatkan ketika aku membaca situs Karangsari yg merupakan kampung  halaman kami. Dari situlah aku mulai berkenalan dg Anaz yg ternyata seorang pebloger senior, dari perkenalan itu pula aku terinspirasi untuk menulis di blog. Sekarang menulis menjadi pengisi waktu luangku disela-sela waktu utamaku mengerjakan tugas sebagai seorang ibu.



Sabtu, 16 Juni 2012

Saat Yang Membahagiakan



Aku yakin jika anda seorang ibu anda pasti langsung bisa menebak gambar apakah diatas? Ya...itu adalah gambar janin dalam rahim hasil foto USG.
Lebih tepatnya gambar tersebut adalah gambar anakku yg ke-3 ketika masih berusia 7 bulan dalam kandungan. 

Minggu, 10 Juni 2012

"Nyobain TUTUT"

Kenapa tiba-tiba saja tutut (semacam siput sawah) menjadi terkenal dan disukai banyak orang? 

Pertanyaan itu sering terlintas dikepalaku setiap kali aku melihat kerumunan orang yg sedang menikmati tutut. Entah karena sedang musim atau karena hal lain yg aku tidak tahu, akhir-akhir ini banyak sekali penjual tutut yg mangkal di pinggir jalan terutama di sekitar pemda Cibinong.

Selasa, 05 Juni 2012

Pak SBY, Hotpant "Menunggumu"

Belakangan ini hotpant atau celana pendek kira-kira 10-15 cm diatas lutut sedang ngetrend terutama dikalangan selebriti. Pada awalnya memang publik figur atau seleb lah yg memakainya tapi tanpa menunggu tempo lama hal ini akan diikuti oleh penggemarnya yg kebanyakan adalah para remaja putri.

Semakin lama semakin banyak, dijalanan dan tempat-tempat umum para pemakai hotpant bertebaran tanpa ragu dan malu mempertontonkan aurat mereka. Bagi sebagian orang mungkin ini adalah pemandangan yg menyenangkan tapi bagi sebagian yg lain, hal ini sangat mengganggu bahkan bisa merusak moral.

Sabtu, 02 Juni 2012

Taskif Ajang Bertolabul Ilmi

Ahad, 27 Mei kemarin ada taklimat untuk menghadiri taskif di Masjid At-Taqwa perumahan Puspa Raya. Taskif kali ini membahas tentang sholat dg narasumber Ustad Andi Wibisana, Lc.

Meski sholat adalah sebuah kewajiban yg setiap hari dilaksanakan, bukan berarti kita sudah paham betul tentang tata cara sholat yg dicontohkan oleh Rasulullah. Kita juga perlu mengkoreksi apakah sholat yg selama ini kita kerjakan sudah benar sesuai contoh Rasulullah? Untuk hal itu lah kita harus selalu menambah keilmuan kita salah satunya dg cara mengikuti taskif ini.

Selain untuk mengoreksi ibadah sholat kita, dg memahami tata cara sholat beserta hadist-hadist yg menjadi sumber acuannya maka kita tidak akan heran atau merasa aneh jika melihat orang lain melakukan sholat dg cara yg berbeda dari yg kita lakukan. Kita pun tidak akan mudah menjatuhkan vonis bid'ah atau semacamnya kepada orang lain.

Jumat, 01 Juni 2012

Akhirnya....Lady Gaga Batal Datang

Alhamdulillah....konser Lady Gaga dibatalkan...
Kalimat inilah yg terucap ketika pihak promotor yg mendatangkan Lady Gaga menyatakan bahwa konser Lady Gaga batal digelar. Rupanya mereka tidak cukup nyali menghadapi penolakan-penolakan dari ormas-ormas di tanah air khususnya di Jakarta.

Seperti yg terjadi ketika terdengar kabar bahwa Lady Gaga akan mengadakan konser di Jakarta, berita tentang batalnya konser Lady Gaga pun menuai protes terutama dari pihak yg menginginkan tetap digelarnya konser tersebut.
Mereka menyebut bahwa pemerintah telah melakukan pembiaran radikalisme tumbuh di Indonesia.

Kamis, 31 Mei 2012

EDISI SPECIAL II

Abi...ku coba mengumpulkan rasa untuk bisa menulis kata di hari ulang tahunmu ini. Tapi yg pasti terucap adalah "SELAMAT ULANG TAHUN ABI..."
Semenjak kita bersama aku lebih sering mendapatimu dalam kesabaran, terutama kesabaranmu terhadapku, sesuatu yg tidak mudah aku lakukan tapi buatmu terasa ringan, apakah semua suami sepertimu terhadap istrinya?

Selasa, 22 Mei 2012

Jalanan di Perumahan Kami Diperbaiki

Setelah beberapa waktu yg lalu aku membuat coretan dg judul "Jalanan di Perumahan Kami Rusak", kali ini aku kembali membuat coretan dg judul yg sebaliknya yaitu "Jalanan di Perumahan Kami Diperbaiki".
Kedua judul tersebut memang berkaitan dg kondisi yg sebenarnya terjadi, ketika aku membuat tulisan dg judul yg pertama, karena waktu itu memang jalanan di perumahan kami rusak parah. Dan sekarang aku membuat tulisan dg  judul yg kedua karena pada saat ini tengah ada perbaikan jalan di perumahan kami.

EDISI SPECIAL I

Hari ini hari yg sangat special di keluarga kami, apa pasal ??
Tanggal 22 Mei ini ada dua orang anak kami yg berulang tahun secara bersamaan. Tepat di hari ulang tahun Iqlima (anak sulung kami) yg ke-10, lahirlah anak kami yg ke tiga yaitu Yumna Mumtaz. Peristiwa itu terjadi tiga tahun yg lalu, sehingga hari ini merupakan hari ulang tahun Iqlima yg ke-13 dan hari ulang tahun Yumna yg ke-3.

Senin, 21 Mei 2012

Aneka Tingkah Polah Manusia

Sudah menjadi keniscayaan bahwa sifat dan tingkah laku manusia berbeda-beda tidak akan sama antara satu dan yg lain. Demikian juga dg tingkah laku teman-teman facebook ku, meski aku sudah berusaha selektif dalam memilih teman dg berusaha memilih yg sepertinya "baik" saja, tapi dari yg aku anggap baik itu ada saja satu dua yg bertingkah "aneh".

Sabtu, 12 Mei 2012

Berfikir Mendalam

Pernahkah kita menyempatkan waktu sejenak diberbagai kesempatan untuk berfikir mendalam tentang apa-apa yg kita lihat dan saksikan? Pernahkah kita berfikir bahwa segala sesuatu yg ada disekitar kita bisa dijadikan sarana untuk mengingat Allah?

FENOMENA DAJJAL

Entah kebetulan atau memang sedang marak, akhir-akhir ini aku sering membaca atau mendengar sesuatu tentang Dajjal. Dari artikel sebuah blog, artikel di surat kabar on line, tulisan seseorang di status facebook bahkan cerita-cerita di film kartun yg ditonton anakku. Dari beberapa sumber diatas yg kisahnya memiliki versi berbeda tentu saja kisah tentang Dajjal yg ada di film kartun.

WARNET ISLAMI

Seiring dg kemajuan teknologi internet yg semakin diminati masyarakat, warnet pun bermunculan bak jamur dimusim hujan. Meski keberadaannya sering dikeluhkan oleh sebagian orang karena membuat anak-anak mereka kecanduan game on line, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan warnet memang diperlukan.

Jumat, 11 Mei 2012

Karangsari Senantiasa Menggamit Hati

Sebuah judul yg serupa tapi tak sama dg judul di salah satu bab dalam buku Sepanjang Jalan Dawah yg isinya tentang  biografi Bp Tifatul Sembiring (menkoinfo sekarang).
Dalam bab satu buku tersebut tertulis judul "Bukittinggi Senantiasa Menggamit Hati" serupa dg judul artikelku kali ini, meski tentu tidak sama karena daerahnya berbeda.

Rabu, 09 Mei 2012

TENTANG IKLAN

Ketika melakukan blogwalking sering aku menjumpai blog yg didalamnya terdapat iklan, akupun tertarik untuk mengetahui segala sesuatu tentang periklanan. Dari sinilah muncul keinginanku untuk memasang iklan di blog. Awalnya yg terpikir di benakku adalah keinginan untuk memasang iklan di blog USMC (ummusumayahmc.blogspot.com) sebagai salah satu cara untuk menambah income  bagi klinik duafa tersebut.

Rabu, 02 Mei 2012

RESES ANGGOTA DEWAN


Ahad 29 April kemarin aku berkesempatan menghadiri sebuah acara reses anggota dewan dari partai PKS yaitu Bp. Ir. Hj Lalu suryade, MM dan Bp. ustad Sadari. Acara reses tersebut diadakan di desa Susukan Kecamatan Bojong Gede Bogor.  Dalam kesempatan ini Ir.Hj. Lalu Suryade, MM menyampaikan sumbangan dari pemerintah berupa uang sebesar Rp. 1 M kepada desa Susukan.

Minggu, 29 April 2012

Meski Lelah Tapi Bahagia

Berkecimpung di klinik USMC dg segala aktifitasnya cukup menguras tenaga, waktu dan pikiran, namun semua itu akan sia-sia jika melaksanakannya tidak di dasari niat yg tulus ikhlas semata-mata hanya untuk mencari ridho Allah SWT. Apalagi kita semua paham bahwa melakukan sebuah kebaikkan tidak serta merta akan membuat semua orang senang dan mau menghargai apa yg kita lakukan.

Sabtu, 28 April 2012

Demam K POP

Demam k pop atau Korea pop kini tengah melanda remaja Indonesia, band-band ala k pop pun bermunculan seperti SMASH, cherlybel, sevenicon, dll yg semuanya sangat digandrungi oleh remaja kita.
Fenomena ini dimanfaatkan oleh promotor musik untuk mendatangkan sebuah grup musik asal korea yaitu suju (super junior).

Jumat, 20 April 2012

Badan Sehat Ibadah Semangat

Ketika masih belum diadakan rekomposisi, bersama teman-teman lama aku sangat giat berolah raga, bahkan dilembaran mutaba'ah kami terdapat poin olah raga jama'i sebagai kewajiban yg harus dilaksanakan. Karena kami para ibu maka olah raga yg menurut kami tepat adalah senam BL. Selain untuk kesegaran badan secara menyeluruh, senam BL berguna untuk mengencangkan otot-otot di daerah sekitar pinggang.

Rabu, 18 April 2012

Nna Ku yang Lucu



Seperti anak kecil pada umumnya anakku yg bungsu pun lucu menggemaskan. Kami memberinya nama Yumna Mumtaz yg artinya yang mendapat barokah istimewa (surga) dan kami memanggilnya "Nna" sebagai nama kecil. Sekarang usianya menginjak tiga tahun, tingkahnya sangat lucu menghibur hati seisi rumah tak terkecuali dua orang kakanya yaitu Iqlima dan Helmi meski kadang mereka terlihat cemburu.

Rabu, 11 April 2012

Layanan Bank



Dulu di daerah kami hanya ada satu bank saja yaitu bank BRI, belum memakai sistem on line dan tanpa ATM pokoknya masih jadul banget padahal daerah kami tidak jauh dari ibu kota negara yaitu Jakarta. Seandainya kondisi seperti ini ada di kampung halamanku yg dari kota kabupaten saja jauh, mungkin aku bisa maklum.

SANG WAKTU


waktu begitu cepat berlalu
terus melaju kedepan
pantang surut kebelakang

meninggalkan siapa saja tanpa hirau apa saja
melindas siapa saja tanpa hirau apa saja

Rabu, 04 April 2012

DEPAKENE SYRUP


Aku semakin yakin dan percaya bahwa kekuatan do'a lebih utama dibandingkan vonis dokter ahli sekalipun, depaneken syrup inilah yg menjadi saksinya.

Minggu, 01 April 2012

RAWON Copy Paste

Sebagian ibu rumah tangga seringnya merasa bingung "mau masak apa ya hari ini?" Karena memasak adalah kegiatan yg hampir setiap hari dilakukan, jadi terkadang para ibu rumah tangga kehabisan ide, kemarin sudah masak ayam, kemarinnya lagi bikin sayur asem, hari sebelumnya ikan bakar, hari ini masak apalagi?

Senin, 26 Maret 2012

Jambu Depan Rumah



Di teras rumah kami ada sebatang pohon jambu biji yg sudah ada sebelum kami  tinggal disini. Awalnya sempat aku cabut karena khawatir akarnya akan merusak coran beton dibawahnya. Tapi karena akarnya sangat kuat dan aku tidak bisa mencabutnya, akhirnya kuputuskan untuk membiarkan pohon jambu tersebut tumbuh.

Minggu, 25 Maret 2012

Bakso Malang Pakai Lilin

Ketika melihat acara infestigasi disebuah stasiun tv yg mengisahkan tentang aktifitas seorang pedagang gorengan, yg menambahkan lilin dan juga plastik kedalam wajan yg berisi minyak sayur yg digunakan untuk menggoreng dagangannya, aku merasa sangat khawatir bagaimana jika kami termasuk salah seorang yg mengkonsumsi makanan berlilin seperti itu.

Aku pikir itu hanya kekhawatiran yg kenyataannya belum tentu akan aku alami. Ternyata perkiraanku salah, ketika kami memesan bakso malang kepada penjual bakso keliling, pada awalnya aku tidak menyadari kalau krupuk pangsit yg di sajikan ternyata mengandung lilin, baru setelah suami memperhatikan warna keputih putihan yg menempel pada krupuk pangsit yg awalnya dikira garam ternyata adalah lilin, kami baru sadar bahwa bakso malang yg kami beli, krupuk pangsitnya digoreng menggunakan minyak yg dicampur dg lilin.

Sabtu, 24 Maret 2012

Ikan Mas Bakar (Menu Special)

Salah satu menu special dikeluarga kami adalah ikan bakar, dan dihari libur ini aku ingin membuatnya atas permintaan anak-anak dan suami tentunya.
Sebelum barangkat ke pasar aku memikirkan apa-apa yg nanti akan aku beli, agar tidak membutuhkan waktu lama ketika berbelanja.

Tidak seperti orang sebrang yg lihai memasak berbagai macam jenis ikan, aku tidak begitu paham bumbu apa saja yg diperlukan untuk membuat ikan bakar. Rasanya tidak pede meracik bumbu sendiri dan kuputuskan untuk membeli bumbu jadi.

Kamis, 22 Maret 2012

DIBLOKIR !!!

Diblokir, sebuah kata yg mudah diucap dan mudah pula dilakukan, tinggal mengklik kata tersebut maka terblokirlah situs yg kita mau.
Tapi semudah itukah kita menonaktifkan situs seseorang? Tentu saja tidak, diperlukan alasan yg cukup baru kita bisa melakukannya meski alasan tersebut tidak menjadi syarat agar kita bisa memblokir, ini hanya masalah moralitas saja.

Meski hanya pertemanan dunia maya yg tidak saling bertemu muka, tapi etika dan perasaan tetap akan berperan. Ketika kita berlaku baik, menghargai orang lain, berempati, mau membantu kesulitan teman maya kita, maka kitapun akan mendapatkan hal serupa.

Sabtu, 17 Maret 2012

Adab Makan Steak



Berbagai macam makanan ada disekitar kita, makanan yg awalnya hanya ada di hotel berbintang, sekarang bisa kita dapati di restoran biasa bahkan di kafe-kafe tenda. Peralatan makan yg di sediakan dan cara penyajian makananpun bervariasi tergantung jenis makanannya.

Contohnya steak daging, cara penyajiannya adalah dg menggunakan plate panas ditambah dg sayuran seperti wortel, jagung manis dan been/buncis. Peralatan makan yg di sediakan adalah pisau disebelah kanan dan garpu disebelah kiri, artinya sebelum dimakan steak dipotong dg pisau, kemudian diambil dg garpu dan disuapkan kemulut dg menggunakan tangan kiri.

BBM Naik Lagi?

Dimana-mana ada aksi unjuk rasa, ada konfrontasi antar aparat dan mahasiswa, juga dengan masyarakat yg menentang kenaikan harga BBM.
Carut marut, hiruk pikuk menjadi pemandangan yg selalu disuguhkan oleh media, membosankan, memusingkan.

Rabu, 14 Maret 2012

Air.....

Air adalah sumber kehidupan tidak hanya bagi manusia tapi juga bagi mahluk Allah yg lain seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan. Manusia bisa bertahan hidup selama satu pekan tanpa makanan, tapi tidak akan bisa bertahan jika tidak mengkonsumsi air selama tiga hari.

Sabtu, 10 Maret 2012

Memaknai Predikat Haji

Melaksanakan ibadah haji adalah keinginan bagi seluruh umat islam, yg sadar akan keislamanya. Bahkan bagi masyarakat yg tinggal di daerah seperti halnya di kampung halamanku, pergi haji seakan-akan menjadi trend yg semua orang berlomba-lomba untuk melaksanakan.

Terlepas dari niatan mereka untuk pergi haji apakah semata-mata karena Allah, atau ada niatan lain seperti prestise atau gengsi, ingin dianggap mampu, ingin lebih dihormati karena predikat hajinya, dll, tentu ini adalah sebuah fenomena yg positif.

Selasa, 06 Maret 2012

BLOG BUAT USMC

Beberapa hari tidak posting rasanya kangen klak klik disini. Sebenarnya bukan karena malas atau tidak punya ide, tapi karena ada hal lain yg harus dikerjakan yg menurutku tidak kalah penting, akhirnya keinginan bloging terpaksa di pending.

Ada beberapa ide tulisan yg tersimpan, salah satunya adalah tentang pembuatan special blog untuk USMC. Tapi ide ini tidak tertahan sampai akhirnya sekarang aku menulis disini.

Selasa, 28 Februari 2012

MEWASPADAI PERTEMANAN

Berteman dan berkomunitas merupakan kebutuhan bagi manusia sebagai makhluk sosial. Tidak hanya di dunia nyata, dunia mayapun menjadi ajang untuk menjalin pertemanan bahkan dg jangkauan yg lebih luas karena tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Dimana dan kapan saja kita bisa mengakses internet, di situlah kita bisa menjalin hubungan dg teman dunia maya kita. Tetapi bagaimanapun maya dan nyata adalah sesuatu yg tidak sama, oleh karena itu kita harus menyikapinya secara berbeda.

Meski sudah berusaha seselektif mungkin memilih teman disebuah jejaring sosial, tapi dari beberapa ribu orang ada saja satu dua yg bertingkah "nyleneh", seakan mengharap lebih dari sekedar berteman, ada yg mengajak chat video, ada yg bertanya macam-macam, ada juga yg menujukan link yg isinya entah apa (tidak aku buka karena mencurigakan).

Belum lagi para bule dari negri sebrang, datang silih berganti tak pernah henti, satu di cuekin muncul lagi yg lain. Dengan rayuan mautnya mereka tak segan-segan mengumbar kata, cantik lah, i want to meet you face to face lah, you are always in my dream lah, i want marry with you lah, bla bla bla.

Yang terbaru, orang mengaku saudaranya Muamar Khadafi dan memiliki deposit uang senilai $10 miliar, yg akan di serahkannya padaku jika aku mau, tentu saja aku tidak mau (hare gene, red).

Berhadapan dg berbagai macam karakter manusia adalah sebuah keniscayaan dalam bergaul, dan buatku hal seperti ini adalah biasa, tidak membuat kaget, heran apalagi merasa tersanjung.   Tapi bagaimana jika yg menghadapi adalah anak-anak remaja SMP SMA yg kepribadiannya masih labil?

Tentu ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua khususnya aku. Bagaimana kita para orang tua harus bisa membekali pemahaman yg cukup kepada anak-anak agar mewaspadai pertemanan mereka didunia maya dan nyata, sehingga mereka tidak mudah terpedaya oleh kata-kata orang yg tidak bertanggung jawab.

 

Kamis, 23 Februari 2012

Pasti Dibalas Nggak Pakai InsyaAllah

Pada awalnya aku berfikir bahwa kalimat "pasti dibalas nggak pakai insyaAllah" adalah sebuah "kekurangan" yg terdapat dalam buku yg sedang aku baca, yg mungkin bersumber dari pemahaman penulisnya tentang Islam, dan aku merasa harus mewaspadai.

Buku berjudul "Percepatan Rizki" karya Ippo Right Santoso, memang fenomenal, laris manis bak kacang goreng. Hal ini tidak mengherankan karena buku yg ditulis hanya setebal 140 halaman, dg disain yg terkesan ringan dan cantik, sehingga membangkitkan semangat untuk membaca ini, isinya sangat berkualitas apalagi argument yg dikemukakan diperkuat dg dalil-dalil Al-Quran, sehingga orang tidak segan untuk mengikuti anjuran yg di sampaikan oleh penulisnya.

Kalimat "pasti dibalas nggak pakai insyaAllah" dalam buku ini adalah, kutipan dari kata-kata seorang ulama yang  berusaha meyakinkan pendengarnya bahwa Allah lah yg berjanji jika kita bersedekah pasti akan dibalas. Karena Allah yg berjanji maka tidak perlu kata insyaAllah

Dalam buku ini juga dikupas tentang makna dari QS. An-Najm:43-48 bahwa Allah tidak pernah memberikan kemiskinan pada manusia, tapi Allah hanya memberikan kekayaan atau kecukupan. Kemiskinan adalah kesalahan dari manusianya itu sendiri.

Masih banyak hal menarik lain yang dikupas dalam buku "Percepatan Rizki" karya Ippo Right Santoso ini, jadi tidak salah jika kita membacanya  dan menjadikan buku ini sebagai koleksi diperpustakaan pribadi kita. 

                                                                                 

Senin, 20 Februari 2012

Akhlakmu, Tak Jauh dari Perilaku Temanmu



SEMUA orang kaget bukan kepalang ketika tiba-tiba muncul berita sembilan orang tewas seketika setelah ditabrak oleh sebuah mobil sarat penumpang di Jakarta beberapa waktu lalu. Padahal sembilan orang itu sejatinya sudah berada di jalurnya alias trotoar.

Setelah diselidiki ternyata sang pengemudi baru saja mengkonsumsi narkoba dan minuman keras (miras). Pengaruh narkoba menjadikannya tak mampu mengemudikan kendaraannya dengan baik, sehingga akibat narkoba itu sembilan nyawa melayang sia-sia. Kini sang pengemudi sedang mendekam dalam bui untuk mempertanggung-jawabkan kecerobohannya. Inilah peristiwa yang terjadi pada Afriyani atau dikenal “
peristiwa Xenia maut” yang menewaskan 9 orang yang terjadi bulan Januari 2012 lalu.

Agama Temamu
Kasus ini layak untuk dijadikan pelajaran bagi semua umat Islam. Jangan sampai ada di antara keluarga kita --apalagi itu adalah putra-putri kita-- yang ikut-ikutan menjadi pengguna narkoba. Upaya deteksi dini dan pencegahan harus dilakukan secara serius dan terus-menerus. Sebab jika sudah kejadian, maka hilanglah harapan untuk masa depan yang bahagia.

Kasus “Xenia maut” menunjukkan bahwa di negeri ini pergaulan bebas kian tak terkendali. Kita sering alpa hingga lupa
siapa teman dan oranng terdekat dari anak-anak kita.

Melihat situasi kekinian yang kian tidak menentu, utamanya soal akhlak dan keimanan nampaknya petuah dari orangtua kita zaman dulu yang dinyanyikan Emha Ainun Najib dan Opick dalam lyrix “Tombo Ati” adalah “Wong kang sholeh kumpulono” (berkumpul dengan orang-orang yang sholeh, red).

Petuah ini mengajarkan kepada kita semua, bahwa untuk menjadi baik, kita harus berkumpul dengan orang-orang yang baik pula (sholeh). Karena akibat kebaikannya itu, secara tidak langsung akan mengajarkan sifat terpuji lainnya kepada kita.

Dengan kata lain, kalau kita ingin hati kita sehat (terbebas dari penyakit dan dosa) maka hindarilah bergaul dengan orang-orang yang suka bermaksiat kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Pepatah Arab menyatakan, “anli mar'i la tas'al, was’al an qoriinihi fainna qoriina bil muqorini yaqtadi.” (Jika ingin tahu seseorang, jangan Tanya dirinya, tetapi tanyalah temannya dan keadaan temannya).
Terjemahan bebasnya adalah, setiap teman meniru temannya. Bila kita berada pada suatu kaum maka bertemanlah dengan orang yang terbaik dari mereka. Dan janganlah berteman dengan orang yang rendah(hina), niscaya kita akan hina bersama orang yang hina.

Lebih dari itu Rasulullah Shalallaahu 'Alaihi Wasallam (صلى الله عليه و سلم) telah menegaskan dalam sabdanya bahwa:
الرَّجُلُ عَلَى دِيْنِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ
“Seseorang tergantung agama teman dekatnya, maka hendaknya kalian memerhatikan siapakah teman dekatnya.” (HR. Ahmad).

Abud Darda’ berkata, di antara bentuk kecerdasan seseorang adalah selektif dalam memilih teman berjalan, teman bersama, dan teman duduknya. Sebab teman itu boleh dikatakan adalah teman akrab. Teman yang dalam perjalanan hidup nanti akan sangat berpengaruh terhadap pola pikir, watak, perilaku, dan kebiasaan. Jika teman kita baik, insya Allah kita akan terkondisikan ikut baik dan sebaliknya.
Beberapa kasus terbaru yang terjadi di negeri ini cukup menjadi bukti bahwa teman yang buruk perangainya akan menjerumuskan teman dekatnya pada kebinasaan. Bayangkan saja, di usia produktif disaat seorang pemuda harusnya menata diri untuk berprestasi di masa depan, harus mendekam dalam bui. Lihat saja pengemudi penabrak sembilan pejalan kaki, ia tak sendirian, ia bersama teman-temannya.

Pertanyaannya kemudian apakah haram berteman dengan orang yang jahat?
Sejauh ada kemampuan untuk menghadapi mereka dan bisa memastikan tidak ikut kejahatannya tidak masalah. Karena setiap umat Islam diperintahkan berdakwah terhadap mereka. Tetapi jika tidak punya kemampuan, sebaiknya perkuat dulu diri sendiri, baru orang lain. Sebab kalau kalah, maka kita yang akan terwarnai (terjerumus). Masalahnya, apakah kita yakin memiliki kemampuan pertahanan itu?

Selagi masih di dunia mari kita tingkatkan keselektifan kita dalam bergaul, utamanya pergaulan putra-putri kita. Jangan sampai mereka salah memilih teman lalu terjerumus dalam pergaulan yang negatif. Sebab bukan saja di dunia dampak buruk yang akan diterima, tetapi juga di akhirat. Oleh karena itu bertemanlah dengan orang yang mencintai Allah dan rasul-Nya, bukan yang lain.

Jangan sampai kita mengalami apa yang Allah ilustrasikan dalam ayat Al-Qur’an;
وَيَوْمَ يَعَضُّ الظَّالِمُ عَلَى يَدَيْهِ يَقُولُ يَا لَيْتَنِي اتَّخَذْتُ مَعَ الرَّسُولِ سَبِيلاً
يَا وَيْلَتَى لَيْتَنِي لَمْ أَتَّخِذْ فُلَاناً خَلِيلاً
لَقَدْ أَضَلَّنِي عَنِ الذِّكْرِ بَعْدَ إِذْ جَاءنِي وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِلْإِنسَانِ خَذُول
“Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zalim menggigit dua tangannya, seraya berkata: "Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul". Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan sifulan itu teman akrab(ku). Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Quran ketika Al Quran itu telah datang kepadaku. Dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia. (QS.25: 27 – 29).

Bahkan dalam al-Quran dikatakan, pada hari kiamat itu orang-orang yang saling berteman dalam kemaksiatan akan menjadi musuh satu sama lain karena saling mempersalahkan.

الْأَخِلَّاء يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ
”Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS Az-Zukhruf: 67).

Dalam riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Musa berkata:
مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً، وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَةً
“Permisalan teman yang baik dan teman yang jelek seperti (berteman) dengan pembawa minyak wangi dan tukang pandai besi. Dan adapun (berteman) dengan pembawa minyak wangi kemungkinan dia akan memberimu, kemungkinan engkau membelinya, atau kemungkinan engkau mencium bau yang harum. Dan (berteman) dengan tukang pandai besi kemungkinan dia akan membakar pakaianmu atau engkau mendapatkan bau yang tidak enak.”
Ibnu Hajar di dalam kitabnya Fathul Bari (4/324) menjelaskan: “Di dalam hadits ini terdapat larangan berteman dengan seseorang yang akan merusak agama dan dunia. Hadits ini juga mengandung anjuran agar seseorang berteman dengan orang yang akan bermanfaat bagi agama dan dunianya. Semoga menjadi pelajaran berharga bagi kita semua.

(Dari sebuah milis)
Rep: Imam Nawawi
Red: Cholis Akbar