Kamis, 26 April 2012

Segera Cuci Otak Mu !

Sebuah judul yg terdengar agak kasar mungkin, tapi seperti apakah isinya?
Chek it out!



Dunia maya adalah dunia yg sangat luas seluas hutan belantara bahkan lebih, bahaya yg bisa ditimbulkannya pun tidak kalah dahsyat dg apa yg ada di hutan rimba. Berselancar di dunia maya memang menyenangkan, kita bisa mencari tahu apa yg ingin kita tahu.

Dari hal-hal yg ringan seperti resep masakan, berkomunitas dijejaring sosial sampai segala ilmu pengetahuan bisa kita dapatkan.
Tetapi dalam berinteraksi di dunia maya terkadang kita tidak bisa terhindar dari hal-hal yg berbau pornografi yg memang banyak bergentayangan di internet.

Contoh kasus, ada seorang follower di blog USMC yg kami kelola, foto profilnya terlihat islami demikian juga dg namanya, tapi ketika kami klik karena ingin tahu identitas follower tersebut, ternyata blog yg dia kelola khusus menjual film dewasa. Ini adalah kejadian yg tidak disengaja, tapi cukup membuat "terguncang", buat apa dia menjadi follower di blog kami yg isinya tentang kegiatan sosial dalam rangka da'wah? Tapi alhamdulillah sekarang dia sudah hengkang.

Kasus lain, mutual dari teman facebook anakku foto profilnya amat sangat tidak pantas, dia muncul sebagai mutual karena beberapa teman anakku telah berteman dg orang tersebut, alhamdulillah anakku langsung memberitahukan hal ini sehingga aku bisa bertindak cepat.

Meski bersinggungan dg hal seperti itu tidak dilakukan dg sengaja, tapi dampaknya tetap terasa. Sedikit banyak kita akan merasakan adanya degradasi keimanan. Hati menjadi tidak tenang, sholat malam yg biasanya penuh kekhusu'an kini terasa hambar apatah lagi sholat disiang hari, rasanya tidak kehati kering gersang.

Apakah kita akan membiarkan hal ini berlarut-larut? tentu saja tidak.
Memperbanyak istighfar, tetap melakukan rutinitas ibadah seperti biasa sambil berusaha agar perasaan kita tetap "nyambung" dg Allah SWT adalah hal yg sebaiknya kita lakukan.

Satu hal penting lain adalah, segera mencuci otak kita yg sempat tercemar, dg membaca hadist-hadist dan ayat Al-Quran yg membuat kita terkesan, kisah-kisah islami, berita tentang saudara kita yg ada di Palestina atau hal lainnya yg kesemuanya itu diharapkan akan memberi kesan yg mendalam, sehingga bisa menggantikan hal-hal buruk yg sebelumnya ada dipikiran kita. 

Mudah-mudahan apa yg kita lakukan bisa membuat hati kita tenang  dan kembali khusu dalam menjalankan shalat, dan yg terpenting mudah-mudahan kita bisa terhindar dari murka Allah SWT. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar