Kamis, 21 Juni 2012

Kecap Jeruk Nipis



Kecap jeruk nipis adalah salah satu ramuan obat tradisional untuk menyembuhkan batuk. Entah apa kandungan pasti ramuan kecap jeruk nipis ini, tapi sepertinya tidak jauh beda dg OBH/OBP yaitu Hcl dan NaCl serta zat-zat yg lain.
Meski tidak semua orang bereaksi sama terhadap ramuan tradisional ini, tapi alhamdulillah ketiga anakku sepertinya cocok dg ramuan kecap jeruk nipis. Jika mereka batuk tidak perlu repot-repot mencarikan obat batuk, cukup dibuatkan campuran kecap dg merk apa saja dan perasan air jeruk nipis dg takaran sesuai selera, maka jadilah obat batuk yg mujarab.

Rumah langsung sepi dari suara batuk mereka. Entah kenapa jika mereka meminum obat batuk dari dokter, batuk tidak langsung berhenti seketika tapi berkurang sedikit demi sedikit, setelah minum obat selama dua hari barulah batuk  berhenti secara total.

Hal ini pernah terjadi kira-kira dua atau tiga kali, akhirnya aku sadar bahwa anak-anakku lebih cocok meminum campuran kecap jeruk nipis sebagai obat batuk daripada obat-obat kimia. Buatku ini adalah suatu hal yg baik karena kecap jeruk nipis masih tergolong obat herbal yg tentunya memiliki efek samping minimal.

Efek samping yg sering aku rasakan dari meminum campuran kecap jeruk nipis adalah sakit perut, mungkin karena rasanya yg asam. Setelah mengetahui hal ini aku lebih berhati-hati ketika meminumkan ramuan tradisional ini kepada anak-anak.

Perut harus sudah terisi nasi sebelum mereka meminumnya dan menghindarkan mereka dari meminum kecap jeruk nipis di malam hari sebelum tidur, jika tidak maka keesokan harinya mereka akan sakit perut.

Itulah salah satu manfaat dari ramuan kecap jeruk nipis yg sudah aku buktikan khasiatnya, mudah-mudahan akan ada ramuan herbal lain yg cocok buat kami karena tidak semua yg herbal itu cocok, semuanya tergantung pada mekanisme tubuh kita masing-masing. 

  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar