Sabtu, 24 Maret 2012

Ikan Mas Bakar (Menu Special)

Salah satu menu special dikeluarga kami adalah ikan bakar, dan dihari libur ini aku ingin membuatnya atas permintaan anak-anak dan suami tentunya.
Sebelum barangkat ke pasar aku memikirkan apa-apa yg nanti akan aku beli, agar tidak membutuhkan waktu lama ketika berbelanja.

Tidak seperti orang sebrang yg lihai memasak berbagai macam jenis ikan, aku tidak begitu paham bumbu apa saja yg diperlukan untuk membuat ikan bakar. Rasanya tidak pede meracik bumbu sendiri dan kuputuskan untuk membeli bumbu jadi.


 
Aku minta sekalian dibersihkan ketika membeli ikan mas, agar sesampai di rumah tinggal mencucinya. Aku sengaja memilih cara-cara praktis dari memakai bumbu jadi sampai membeli ikan yg sudah dibersihkan, agar lebih hemat waktu.  Karena aku akan membutuhkan waktu yg cukup lama untuk membakarnya.

Sesampai di rumah langsung kucuci bersih ikan Mas tadi, kemudian bumbunya aku tumis. Menurutku bumbu ikan bakar rasanya harus 'tajam' yaitu agak sedikit keasinan dan agak sedikit kemanisan, hal ini perlu agar ikan bakar lebih berasa, kalau rasa bumbunya hanya pas saja, maka rasa ikan akan hambar (berdasarkan pengalaman).   

Sebenarnya lebih enak jika cabe halusnya diperbanyak, tapi karena si kecil Nna belum bisa makan makanan yg terlalu pedas, aku hanya menggunakan sedikit cabe.

Setelah bumbunya matang dan rasanya sesuai yg aku inginkan, agar lebih gurih kutambah bumbu tadi dg santan kental kurang lebih 100ml. Setelah bumbu siap, api di kecilkan dan satu demi satu secara bergantian aku masukkan ikan kedalam bumbu.

Satu ekor ikan dimasukkan kedalam bumbu, tunggu beberapa saat baru ikan dibalik dan tunggu lagi beberapa saat baru ikan diangkat dan letakan diwadah yg sudah disiapkan, demikian seterusnya.
Membiarkan ikan di dalam bumbu beberapa saat, tujuannya adalah agar bumbu lebih meresap dan ikan menjadi setengah matang.

Hal terakhir yg dilakukan adalah membakar ikan, tapi sebaiknya sebelum dibakar ikan yg sudah berbumbu tadi di simpan terlebih dulu di lemari pendingin, lebih lama lebih baik agar bumbu semakin meresap.
Bakarlah ikan menggunakan api kecil meski memakan waktu lama, tapi hasilnya lebih baik karena ikan akan matang merata.

Aku lebih suka ikan bakar yg garing, meski membakarnya butuh waktu lebih lama dan hasilnyapun ikan agak sedikit gosong seperti gambar di bawah. Tak apalah yg gosongnya nanti dicuil-cuil saja, dibuang. Karena konon makanan yg gosong akan memicu kanker.

Setelah sedikit bersusah payah akhirnya ikan Mas bakar siap dihidangkan dan dinikmati bersama.
Hmmm yummy....rasanya ueeenak tenan, top markotop....bener-bener juara.....
(tentu saja, yg ngomong yg bikin...hehe)


  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar