Senin, 21 Mei 2012

Aneka Tingkah Polah Manusia

Sudah menjadi keniscayaan bahwa sifat dan tingkah laku manusia berbeda-beda tidak akan sama antara satu dan yg lain. Demikian juga dg tingkah laku teman-teman facebook ku, meski aku sudah berusaha selektif dalam memilih teman dg berusaha memilih yg sepertinya "baik" saja, tapi dari yg aku anggap baik itu ada saja satu dua yg bertingkah "aneh".
Ada seorang teman fb yg tidak ku kenal sekonyong-konyong mengajakku chatting dg kalimat pembuka "maukah adek jadi pacar abang?" tanpa diawali dg salam. Aku yg tidak kaget langsung menjawab "maaf Pak saya sudah berkeluarga, Bapak salah tembak." lantas Bapak tadi menjawab "maaf ummi, cuma bercanda ummi..." Ada-ada aja (aku berujar dalam hati).

Selang beberapa hari kemudian Bapak tadi mengajakku chatting lagi dg kalimat yg berbeda "maukah Ibu memberikan sumbangan?". Aku berpikir bahwa bapak ini adalah seorang pengelola lembaga sosial, tapi karena aku juga mengelola USMC yg setiap saat membutuhkan dana, maka aku menjawab "maaf Pak tidak bisa USMC juga sedang memerlukan dana."

Beberapa hari kemudian dia mengajak chatting lagi "Bisakah ibu memberi saya uang Rp. 300 ribu?" Aku yg agak heran beberapa saat hanya diam saja, akhirnya bapak tadi melanjutkan "seratus ribu juga boleh Bu..." 
Masya Allah....inikan facebook bukan perempatan lampu merah dimana banyak orang meminta-minta.

Tapi sudahlah...toh dia cuma meminta tidak memaksa, aku hanya heran status di fbnya bagus-bagus tapi kok tingkahnya "aneh"  seperti ini. Aku jadi teringat status dari teman fbku yg lain yg memberi peringatan bahwa ada seseorang yg sebenarnya ikhwah tapi memiliki kebiasaan buruk yaitu meminta-minta uang dg memanfaatkan rasa kasihan dari para ikhwah yg menjadi sasaran penipuannya.

Mungkin salah satunya adalah bapak yg beberapa hari ini mengajakku chatting. Untungnya aku tidak serta merta mengiyakan permintaannya, bersikap waspada itu harus apalagi dg orang yg tidak kita kenal secara baik.
Ah...memang beraneka rupa tingkah polah manusia, mudah-mudahan kita selalu dilindungi oleh Allah SWT dari tipu daya orang-orang seperti ini. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar