Minggu, 28 April 2013

Pepes Ikan Teri Pedas

 
Hari ini aku memasak pepes ikan teri. Agak ribet memang, makanya aku jarang sekali membuatnya. Jika aku mengiingkan, biasanya aku cukup membeli saja, tanpa mau berepot ria. Tapi kali ini aku ingin membuatnya sendiri, agar lebih puas menikmati pepes ikan teri.
 
Aku sengaja berbelanja di pasar, karena biasanya di pasar selalu ada ikan teri basah. Sedangkan jika belanja di warung belakang, atau di tukang sayur yang lewat didepan rumah, belum tentu ada, kecuali jika sudah memesan sebelumnya.
 
Awalnya aku membeli ikan teri 1/2 kg, tapi kok kelihatannya sedikit banget. Lalu aku tambahin 1/4 kg lagi. Mau digenepin satu kg takut kebanyakkan.
 
Di lapak ikan aku lihat ada dua macam ikan teri, yang satu berukuran agak besar, yang satunya lebih kecil. Aku memilih ikan teri yang kecil saja, karena menurutku lebih  enak rasanya dan lebih pas untuk dijadikan pepes.
 
Aku tidak tahu jenis ikan teri yang aku beli, apakah teri jengki, teri medan atau teri apa. Tapi biarlah, apa arti sebuah nama :D Buatku yang penting ikan teri. Titik. Selain membeli ikan teri, tak lupa aku membeli beberapa lembar daun pisang, nggak akan jadi pepes teri kalau nggak ada daun pisang.

Setelah membeli semua yang aku butuhkan, akupun pulang dan mulailah membuat pepes ikan teri pedas. Ikan teri harus aku bersihkan satu persatu dengan cara membuang kepalanya. Bagian inilah yang menurutku paling rempong.
 
Ternyata jumlah ikan teri 3/4 kg itu banyak banget. Memakan waktu cukup lama untuk membuang kepalanya satu persatu. Kata Abi sih nggak usah dibuang kepalanya, tapi aku khawatir rasanya nanti pahit. Sebab pernah seorang teman membuat pepes ikan teri tanpa dibuang kepalanya, dan rasanya memang pahit. Kalau sudah begitu percuma kan,  capek-capek bikin, eh, nggak ada yang makan.
 
Setelah ikannya bersih, aku menyiapkan bumbu-bumbunya. Yaitu : bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, daun salam, sereh (lemon grass, #halagh) dan daun kemangi. Tak lupa gula dan garam, tentu saja. Jumlah atau takaran bumbu secukupnya saja. Kalau ibu-ibu yang biasa masak pasti bisa mengira-ira banyaknya bumbu yang di perlukan.
 
Semua bumbu dihaluskan kecuali daun salam, sereh dan daun kemangi. Aku menhaluskan bumbu pake blender biar cepet dan hemat tenaga. Oiya, tadi aku lupa membeli daun kemangi, baru ingat setelah sampai di rumah. Nggak mungkin balik lagi kepasar, aku nyerah deh, akhirnya pepes ikan teriku nggak pake daun kemangi. Padahal tambah enak loh, kalau pake daun kemangi.
 
Setelah semua bumbu halus, campur bumbu tersebut dengan ikan teri, jangan lupa tambahkan gula dan garam secukupnya. Bungkus adonan ikan teri menggunakan daun pisang. Sebelum meletakkan adonan ikan teri, letakkan daun salam, sereh dan daun kemangi pada daun pisang, baru kemudian tambahkan adonan. Gulung daun pisang, semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi.
 

Yumna bisa menggunting loh...

Rapikan kedua ujung daun pisang yang terlalu panjang dengan mengguntingnya. Untuk yang satu ini aku dibantu Yumna yang hobinya mainan gunting. Kukus pepes ikan teri selama kurang lebih 30 menit.
 
Setelah pepes matang, keringkan pepes tersebut dengan memanaskannya diatas kuali yang diberi sedikit minyak sayur agar nggak lengket. Panaskan pepes sampai daun sedikit gosong. Setelah semuanya selesai, Pepes Ikan Teri Pedas siap di hidangkan.

 

pepesnya udah aku cobain :P

4 komentar:

  1. aduuuh enaknyaaa... ini makanan kesukaan saya kalau di rumah. Mama suka masak teri, biasanya ditambah kelapa parut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, kalau di tambah kelapa parut pasti lebih enak :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus