Sabtu, 02 Juni 2012

Taskif Ajang Bertolabul Ilmi

Ahad, 27 Mei kemarin ada taklimat untuk menghadiri taskif di Masjid At-Taqwa perumahan Puspa Raya. Taskif kali ini membahas tentang sholat dg narasumber Ustad Andi Wibisana, Lc.

Meski sholat adalah sebuah kewajiban yg setiap hari dilaksanakan, bukan berarti kita sudah paham betul tentang tata cara sholat yg dicontohkan oleh Rasulullah. Kita juga perlu mengkoreksi apakah sholat yg selama ini kita kerjakan sudah benar sesuai contoh Rasulullah? Untuk hal itu lah kita harus selalu menambah keilmuan kita salah satunya dg cara mengikuti taskif ini.

Selain untuk mengoreksi ibadah sholat kita, dg memahami tata cara sholat beserta hadist-hadist yg menjadi sumber acuannya maka kita tidak akan heran atau merasa aneh jika melihat orang lain melakukan sholat dg cara yg berbeda dari yg kita lakukan. Kita pun tidak akan mudah menjatuhkan vonis bid'ah atau semacamnya kepada orang lain.

Dari mengikuti taskif ini aku menjadi tahu bahwa hadist yg berisi tentang tata cara sholat itu tidak hanya satu dua, tetapi banyak oleh karena itu wajar jika ada perbedaan dalam gerakan atau bacaan sholat antara satu orang dan lainnya, dan ini diperbolehkan selama ada hadist sahih yg mendasarinya.

Sebelumnya aku merasa heran jika ada orang yg menggerak-gerakkan jari  telunjuknya ketika tahyat, tapi ternyata itu memang diperbolehkan. Juga tentang hal-hal lain seperti takbiratul ikhram, cara duduk tahyat awal/akhir yg memiliki berbagai macam "gaya", banyak dan masih banyak lagi hal-hal yg dibahas dalam taskif yg kesemuanya dijelaskan secara gamblang oleh ustad Andi Wibisana, Lc.

Mudah-mudahan akan ada taskif lanjutan yg khusus membahas tentang tata cara sholat, agar kami semakin terpahamkan sehingga kami bisa melaksanakan shalat secara benar sesuai tuntunan Rasulullah saw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar