Minggu, 24 Juni 2012

MENCONTEK



Mencontek adalah perbuatan curang yg dilakukan oleh orang yg memiliki sifat tidak jujur demi mendapatkan nilai tinggi. Biasanya mencotek dilakukan disaat ulangan ataupun ujian. Mencontek biasanya dilakukan dg cara melihat jawaban teman atau melihat catatan yg  sudah dipersiapkan sebelumnya.


Meski semua orang tahu bahwa mencontek adalah perbuatan yg dilarang baik oleh guru dan pihak sekolah terlebih lagi oleh ajaran agama, tapi tetap saja para pencontek tidak mengindahkan larangan tersebut. Karena sifat malas belajar tapi ingin mendapat nilai bagus agar bisa naik kelas, maka mencontek tetap dilakukan.

Sebenarnya alasan yg paling mendasar kenapa orang dg mudahnya melakukan perbuatan mencontek adalah karena kurangnya pemahaman mereka tentang ajaran agama yg mereka yakini. Berikutnya adalah faktor lingkungan baik lingkungan sekolah ataupun lingkungan keluarga.

Dilingkungan sekolah yg dalam satu kelas siswanya terbiasa dan dibiarkan mencontek, maka jika ada anak yg sebenarnya jujur pun akan mudah terpengaruh keadaan. Hal ini diperparah jika orang tuanya menuntut anak tersebut agar selalu mendapatkan nilai tinggi.

Disinilah peran orang tua sangat menentukan untuk bisa mempengaruhi dan mewarnai anak agar memiliki sifat jujur. Orang tua diharapkan bisa memberi pemahaman kepada anak bahwa proses itu jauh lebih penting ketimbang hasil, bahwa belajar jauh lebih utama dibandingkan hanya sekedar mendapatkan nilai bagus. Jika dalam diri anak sudah tertanam pemahaman seperti itu, maka anak tidak akan mudah melakukan perbuatan curang seperti mencontek.

Mungkin bagi sebagian orang mencontek adalah hal sepele yg tidak perlu ditanggapi secara serius, tapi menurut kami pendapat semacam ini perlu diluruskan.
Carut marutnya negara kita sekarang ini oleh kasus korupsi, ini berawal dari bobroknya mental para penyelenggara negara yg sudah tidak lagi peduli dg apa itu kejujuran.

Sedangkan sekolah adalah tempat para calon pemimpin bangsa ini belajar, baik belajar ilmu pengetahuan ataupun belajar tentang norma dan etika moral yg baik. Bagaimana jika ditempat belajarnya saja mereka sudah terbiasa bersikap tidak jujur, tidak memiliki rasa takut atau risih untuk berbuat curang, akan seperti apakah jika kelak mereka menjadi pemimpin bangsa ini?

Apakah kita akan membiarkan mereka mewarisi budaya korup dari para pemimpin kita sekarang? Apakah kita akan membiarkan peradaban bangsa ini rusak hanya karena hal yg awalnya dianggap sepele seperti mencontek? Tentu saja tidak, harus ada langkah-langkah nyata yg dilakukan untuk membenahi moral bangsa ini terutama generasi mudanya dan ini menjadi PR semua pihak baik orang tua, guru, masyarakat dan juga pemerintah sebagai penyelenggara negara. 

Sebaiknya semua pihak tidak melakukan pembiaran jika ada seseorang yg melanggar aturan atau norma yg berlaku, sebab meskipun kecil tapi jika dilakukan secara terus menerus maka hal ini akan menjadi karakter yg menyatu dalam diri seseorang.
Mencontek memang suatu hal yg kecil, tapi kita tidak boleh mengecilkan maknanya jika kita tidak ingin mendapat masalah besar dikemudian hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar