Minggu, 01 April 2012

RAWON Copy Paste

Sebagian ibu rumah tangga seringnya merasa bingung "mau masak apa ya hari ini?" Karena memasak adalah kegiatan yg hampir setiap hari dilakukan, jadi terkadang para ibu rumah tangga kehabisan ide, kemarin sudah masak ayam, kemarinnya lagi bikin sayur asem, hari sebelumnya ikan bakar, hari ini masak apalagi?

Aku pun tidak jauh beda seperti mereka, hari ini belum dapat ide memasak tapi tiba-tiba si Abi nyletuk "Mi  bikin rawon aja."
Boleh juga ide si Abi beberapa hari sebelumnya aku juga sempat berfikir untuk memasak rawon, tapi karena tidak tahu resepnya terpaksa keinginan itu aku simpan.

Tapi kali ini aku tidak mau menyerah dg keadaan toh cara mengatasinya sangat gampang, tinggal browsing di internet dg kata kunci "cara membuat rawon"  kemudian klik...munculah resep yg aku inginkan.

Segera aku catat bahan-bahan yg di perlukan yaitu daging, bumbu dapur yg tidak jauh beda dg yg biasa aku pakai, hanya ada bumbu khas dari masakan rawon yaitu kluwek. Kluwek inilah yg membuat kuah rawon menjadi berwarna coklat kehitaman, ada lagi satu bumbu yg menurutku aneh yaitu terasi. Jarang rasanya resep olahan daging yg menggunakan terasi sebagai bumbunya, tapi biarlah aku ikuti saja semua petunjuk resep yg ada tanpa protes.

Bahan lain yg tertera diresep adalah daun bawang dan tomat, masih ditambah satu lagi yaitu bawang prai. Untuk bahan yg terakhir aku tidak tahu maksudnya apa, bentuknya gimana jadi aku pikir tidak memakai bawang prai juga tidak apa-apa.

Setelah daging direbus hingga lunak kemudian dimasukan kedalam bumbu halus yg sudah ditumis ditambah dg gula garam hingga rasanya pas, tidak ketinggalan kuah sisa rebusan daging dicampurkan kedalam bahan-bahan tersebut dan yg terakhir menambahkan daun bawang dan tomat yg sudah dipotong kasar,  maka jadilah soto rawon seperti pada gambar di bawah.

Ketika menghidangkan rawon dimeja makan aku baru berfikir, "sepertinya kok ada yg kurang ya?" Biasanya dalam soto rawon ada tauge kedelenya, tapi karena diresep yg aku catat tidak ada maka akupun tidak menambahkan tauge kedele. Aku benar-benar mengcopy resep tanpa memodifikasinya, karena itu aku memberi nama masakanku Rawon copy paste. 




   

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar