Jumat, 22 Juni 2012

KERAK TELOR



Bulan ini ibu kota negara kita Jakarta merayakan hari jadinya yg ke-485, perayaan pun dilakukan secara meriah ditiap sudut ibukota. Dari dibukanya Jakarta Fair hingga digratiskannya taman impian jaya Ancol bagi pengunjung yg datang pada tanggal 21 Juni kemarin.
Mengingat sebagian besar penduduk asli Jakarta adalah suku Betawi maka di tiap perayaan HUT Jakarta, media selalu mengupas perihal budaya dari suku Betawi tersebut. Mulai dari pakaian adat Betawi yg lebih banyak menggunakan warna terang, musik khas Betawi seperti tanjidor, sampai kuliner asli Betawi.

Bebicara tentang kuliner menurutku yg paling terkenal dari sekian banyak makanan khas Betawi adalah kerak telor. Seolah menjadi trad mark setiap kali orang berbicara tentang kerak telor maka kita langsung ingat bahwa itu adalah makanan khas Betawi, meski mungkin didaerah lain atau dinegara lain makanan sejenis itu juga ada.  

Kerak telor adalah makanan berbahan dasar beras ketan yg cara memasaknya dicampur dg telor, baik telor ayam atau telor bebek. Kemudian di tambah dg serundeng dari kelapa yg sudah dicampur dg udang rebon, dg ditambah bumbu special dan dimasak menggunakan arang kayu atau batok kelapa maka jadilah kerak telor yg lezat siap disantap.

Jika anda belum pernah mencoba dan penasaran untuk mencobanya, maka sekarang adalah saat yg tepat. Selain rasanya yg enak suasananyapun sangat mendukung karena bulan Juni ini adalah HUT Jakarta, daerah tempat makanan kerak telor ini berasal sehingga feelnya betul-betul dapat.

SELAMAT ULANG TAHUN JAKARTA....SEMOGA di ULANG TAHUN yg KE-485 INI JAKARTA SEMAKIN BAIK, DAN SEMOGA JAKARTA LAYAK UNTUK MENDAPATKAN PEMIMPIN YG BIJAK DAN SHOLEH DI PILGUB YG AKAN DATANG....AAMIIN.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar