Rabu, 10 Oktober 2012

Cara Mengatasi Kelelahan Fisik di Tengah Padatnya Aktifitas

Istirahat adalah cara yg paling tepat untuk mengatasi rasa lelah, aku yakin semua setuju dg kalimat ini. Tapi bagaimana jika di tengah kelelahan, kita juga dihadapkan pada setumpuk pekerjaan yg harus selesai saat itu juga?
 
Tentu kita tidak bisa mengambil waktu untuk istirahat meskipun tubuh kita memerlukannya. Kita akan terus diburu pekerjaan, yg menjadi tanggung jawab kita untuk segera di selesaikan.
 
Tapi jika kita terus ngotot bekerja, maka tubuh kitalah yg akan tepar. Hal ini bisa menimbulkan penyakit, bahkan bisa sampai sroke. Alih-alih menyelesaikan pekerjaan, justru penyakitlah yg kita dapatkan.
 
Lantas bagaimana cara mengatasi masalah seperti ini?
 
Karena pekerjaan kita diharuskan selesai saat itu juga, maka tetaplah bekerja tapi....selesaikanlah pekerjaan dg perlahan-lahan mengikuti irama lelah tubuh kita.
 
Sesekali lakukan stretching dg mengulurkan tangan ke depan beberapa saat, rasakan tarikan otot di sekitar lengan. Kemudian ulurkan tangan ke atas dan ke belakang dg cara yg sama.
 
Tarik nafas perlahan melalui hidung kemudian keluarkan melalui mulut secara perlahan pula, ulangi kurang lebih sampai 8 kali . Gelengkan kepala kearah kanan tahan sebentar, kemudian kearah kiri, depan dan belakang.
 
Gerakan-gerakan tersebut tidak memerlukan waktu lama hanya sekitar 3-5 menit, jadi tidak perlu khawatir hal ini akan mengganggu pekerjaan kita. Justru sebaliknya  dg melakukan gerakan-gerakan itu, maka kita akan terhindar dari resiko kecelakaan kerja akibat tubuh yg terlalu lelah.
 
Menarik nafas panjang dan menghembuskannya secara perlahan, tujuannya adalah agar tubuh kita mendapatkan pasokan oksigen yg cukup. Karena dg padatnya aktifitas, maka tubuh kita kehilangan banyak oksigen dan hal ini lah yg menyebabkan kita merasa lelah, pusing, mengantuk dan efek-efek negatif yg lain.
 
Satu hal lain yg sangat penting adalah jangan mengabaikan waktu sholat, jangan pernah beranggapan bahwa sholat hanya akan membuang waktu yg saat ini sangat berharga. Tetap kerjakan sholat tepat waktu, karena di saat seperti ini tubuh kita justru memerlukannya.
 
Karena sholat adalah saat yg tepat untuk tubuh kita "beristirahat" meski tidak dg niatan ini kita melakukannya. Disaat tubuh kita lelah lakukanlah sholat dg lebih tuma'ninah, sholat yg dilakukan dg benar sesuai cara Rasulullah akan membuat tubuh kita sehat dan segar, sehingga setelahnya kita seperti mendapatkan energi baru untuk beraktifitas. 
 
Itulah beberapa tip yg bisa dicoba terutama bagi para pembaca yg sering dikejar deadline pekerjaan. Aku yakin masih ada tips cerdas lain dari para pembaca, yg bisa di coba untuk mengatasi kelelahan fisik di tengah padatnya aktifitas, marilah kita saling berbagi.
 
SEMOGA BERMANFAAT ! 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


4 komentar:

  1. Kunjungan perdana ^^
    Tips yang bermanfaat, mba.

    Kalo boleh sedikit tambahan dariku
    Aku biasany suka ngalihin pandangan ke luar halaman utk ngeliat yang ijo2. Seger tuh

    Atau jalan2 sebentar ke luar ruangan. Lumayan buat penyegaran juga

    Salam,
    Lilla Rosa

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambhannya pas bangt mbak bikin tulisn sy semakin lengkp, mksh kunjungannya :)

      Hapus
  2. terima kasih tips nya ...
    Salam

    BalasHapus