Sabtu, 31 Desember 2011

PESTA TAHUN BARU

Dari semenjak pagi, terlebih malam ini, hiruk pikuk perayaaan malam pergantian tahun sangat terasa. Disepanjang jalan dan dirumah2 penduduk hampir semua kelihatan bersemangat mempersiapkan pesta pergantian tahun. Para pedagang kagetanpun bermunculan disepanjang jalan, mereka menjajakan dagangan yg banyak dibutuhkan untuk pesta malam ini. Seperti jagung, ayam dan ikan, lengkap dg arang batok kelapa yg akan digunakan untuk memanggang.


Bagi sebagian penduduk, perayaan malam pergantian tahun memang  identik dg pesta bakar-bakaran, sebagai pengisi waktu sambil menunggu tepat pukul 00.00. Begitu jarum jam tepat diangka 12, mereka akan bersorak, lalu diikuti dg menyulut kembang api yg sudah dipersiapkan sebelumnya dan meniup terompet. Kendaraan di jalan rayapun serentak akan membunyikan klaksonnya.


Mengapa mereka melakukan semua itu? aku samasekali tidak tahu, hanya merekalah yg tahu. Atau mereka sebenarnya juga tidak tahu apa-apa? sekedar ikut-ikutan mungkin? Mengikuti siapa? Budaya dari mana?  Budaya Islamkah?


Seharusnya mereka menjawab pertanyaan2 diatas, sebelum memutuskan untuk merayakan pesta tahun baru.  
Sangat beruntung orang2 yg saat ini sudah berada di masjid2, atau ditempat-tempat lain untuk merayakan malam pergantian tahun dg cara yg lebih bermanfaat. Yang penuh dg dzikrullah, tausiah dan renungan tentang apa-apa yg sudah dilakukannya satu tahun terakhir.


Akan lebih baik jika uang yg ada diinfaqkan kepada fakir miskin, daripada menghambur-hamburkannya untuk sesuatu yg sebenarnya tidak perlu. Sangat tidak etis rasanya, jika kita berpesta pora sementara disekeliling masih banyak orang yg membutuhkan uluran tangan kita.


Semoga malam pergantian tahun ini, bisa dijadikan momentum untuk merubah diri kita agar menjadi lebih baik di tahun yg akan datang.



SELAMAT TAHUN BARU 2012, SEMOGA RIDHO ALLAH SELALU MENYERTAI KITA SEMUA.....AMIN.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar