Selasa, 13 Desember 2011

NGEBLOG MENGASYIKKAN SEKALIGUS MENGKHAWATIRKAN

Banyak sekali manfaat yg aku dapatkan dari ngeblog, salah satunya aku bisa "memuntahkan" unek2 yg ada dalam hatiku lewat tulisan, sehingga rasanya menjadi lega, plong tanpa beban. Dan banyak lagi manfaat dari ngeblog, yang berbeda antara satu orang dengan yang lain, tergantung kondisi masing2.
Karena itulah ngeblog menjadi sesuatu yang mengasyikkan dan membuat ketagihan.

Tapi... selain merasa asyik, aku juga merasa khawatir, kenapa?
Mungkin hanya sebuah kekhawatiran pribadi, yg orang lain tidak perlu sama seperti aku.

Dari melihat di sebuah tayangan tv, ada seorang anak remaja meninggal mendadak setelah semalaman on line, juga mengetahui dari sebuah berita, ada seseorang yg juga meninggal ketika sedang on line. Kemudian... apakah aku takut on line membuat kita meninggal? tentu saja tidak.

Aku membandingkannya dengan berita yang lain, seorang imam di sebuah mesjid besar meninggal ketika sedang berkhutbah, juga berita2 lain yg serupa.
Hal ini membuat aku merenung, suatu saat seperti apakah akhir dari kehidupan ku? Apa yg sedang aku lakukan ketika malaikat maut datang menjemput?

Seseorang yg kesehariannya on line, dia meninggal dalam kondisi seperti itu, demikin juga seseorang yang hari-harinya di sibukan dg beribadah, diapun meninggal ketika sedang melakukan apa yg biasanya ia lakukan.

Bahwa ibadah bukan hanya sholat, zakat, haji, baca Al-Quran, dll itu benar, ngeblog pun menjadi ibadah ketika apa yg kita tulis bernilai kebaikan dan diniatkan karena Allah semata.
Namun tentu saja ibadah itu harus berimbang, antara ibadah maghdoh (langsung) dan ghoiru maghdoh (tidak langsung).

Jangan sampai karena keasyikan, on line sampai larut malam hingga kita berat untuk bangun melaksanakan tahajud, lebih parah lagi kalau sholat subuhpun kesiangan. Tidak sempat membaca Al-Quran atau membaca tapi hanya sedikit tidak sebanding dengan waktu yang kita luangkan untuk on line. Juga ibadah2 maghdo lainnya jangan sampai terpinggirkan hanya karena kita mengutamakan on line.

Akhirnya...meskipun kita asyik ngeblog atau on line, on line lah secara sehat, tanpa melalaikan ibadah2 kita kepada Allah swt. 
Mudah-mudahan ketika suatu saat malaikat maut datang menjemput, kita sedang berada dalam kebaikan....amin.


(Renungan pribadi)
    

2 komentar:

  1. Nice Posting.
    Semoga Kita dapat memjadikan media on line sebagai sarana dakwah menyebarkan kebaikan. Fastabiqul Khoirot, Ta'awanu'alal birri wattaqwa walaa ta'awanu alal itsmi waludwan.

    Makasih bu telah menginagatkan
    Salam
    MJ

    BalasHapus
  2. @mjundi sukron comentnya, mudah2an kita semua, bisa melakukan segala sesuatu hanya krn Allah swt...amin.

    BalasHapus