Senin, 20 Oktober 2014

Bermanfaat, Meski Membuat Pusing Kepala


                                                                   
   image from here

Kepala ku kok, rasanya kliyengan ya? Padahal dari tadi aku sehat-sehat aja, nggak merasa masuk angin, nggak merasa kecapaiain, nggak lagi tanggung bulan juga :).  Bahkan, sekarang aku sedang menikmati me time, nyantai-nyantai sambil makan kacang. Sangkin asyiknya, ternyata aku sudah menghabiskan kacang kulit lumayan banyak!

Oiya, kacang kan, bisa menyebabkan alergi. Alergi terhadap kacang bisa berupa diare, pusing kepala, muntah dan lain-lain. Berarti, pusing kepalaku kemungkinan karena aku kebanyakkan  makan kacang.


Tanaman kacang-kacangan khususnya kacang tanah, memang ditengarai bisa menyebabkan reaksi alergi. Meski demikian, kacang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mengkonsumsi kacang bisa mencegah kegemukkan, mencegah hipertensi, sampai mencegah terbentuknya batu ginjal. Biar lebih jelas, kita rinci satu persatu apa sebenarnya manfaat kacang tanah yang biasa kita makan.

Seperti yang dilansir oleh Mag For Woman, manfaat kacang terbagi menjadi 6, yaitu:


1. Mengontrol kolesterol

Kacang tanah kaya akan lemak tak jenuh yang bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang tanah juga bisa menurunkan tingkat kolesterol yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan koroner.

2. Menurunkan gula darah

Pasien diabetes bisa mengambil manfaat dari kacang tanah. Kacang tanah kaya akan mangan dan bisa membantu penyerapan kalsium dan lemak. Dengan begitu, kacang tanah juga baik untuk menjaga tingkat gula darah. Kacang tanah juga kaya antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Menurunkan depresi

Kacang tanah dikenal dengan kemampuannya untuk meningkatkan mood. Ini karena kacang tanah mengandung banyak tryptophan yang membantu melepaskan zat kimia khusus yang bisa menurunkan tingkat depresi. Jika lain kali Anda merasa depresi, coba konsumsi kacang tanah.

4. Sumber energi

Kacang tanah juga bisa menjadi sumber energi yang baik. Ketika Anda merasa lelah atau tak berenergi, mengonsumsi kacang tanah bisa jadi salah satu cara untuk mengatasinya. Kacang tanah mengandung antioksidan dan mineral yang bisa menjadi energi instan untuk tubuh. Kacang tanah juga membantu menurunkan berat badan karena tak banyak mengandung karbohidrat dan lemak, namun cukup mengenyangkan.

5. Mencegah kanker

Kacang tanah mengandung banyak asam p-coumaric yang membantu menurunkan risiko kanker perut. Kacang juga bisa menurunkan risiko kanker usus besar pada wanita hingga 40 persen.

6. Mencegah batu ginjal

Kacang tanah dalam bentuk alami atau selai kacang bisa menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Selain itu, kacang tanah juga mencegah pembentukan berbagai macam batu dalam tubuh serta infeksi lever hingga 50 persen.

Subhanallah...ternyata simungil kacang tanah, memiliki manfaat yang luar biasa besar! Jadi, meski setelah makan kacang kepala terasa pusing, bukan berarti harus berhenti makan kacang selamanya, cukup dikurangi porsinya saja. Kan, sayang, jika kita tidak ikut merasakan manfaat kacang yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Tapi, jika reaksi alerginya terlalu kuat, sehingga membahayakan atau bahkan mengancam keselamatan kita, maka sebaiknya segera berhenti mengkonsumsi kacang. Masih banyak bahan makanan lain yang tidak hanya menyehatkan, tapi juga cocok bagi tubuh kita.[SK]



14 komentar:

  1. Kancang sih memang makan ringan Favorit ku kak , heheh apalagi saat nonton bola hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kacang memang pas banget buat teman nonton bola. Sambil cemal cemil, habis banyak deh kacangnya :)

      Hapus
  2. kacang memang memberikan sumber energi bagi tubuh dan saya sangat suka makan kacang, terutama kalau dibuat sambal.. hmmm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambal kacang? Wah, enak banget tuh. Sepertinya semua orang suka kacang ya. Sampai-sampai ada pameo "laris manis bak kacang goreng"

      Hapus
  3. hohoo.. aku juga doyan banet sama kacang hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kacang itu enak "I feel good" deh kalau lagi makan kacang :)

      Hapus
  4. aku suka mbak. tapi tidak semua jenis kacang hlo mba..kan kacang ada variannya?

    BalasHapus
  5. saya malah sekarang udah ga bisa makan kacang lagi alergi mak..hiks hiks padahal itu makanan favorit saya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak apa-apa Mak, masih banyak kok, cemilan sehat yang lain :)
      Semangat Mak!

      Hapus
  6. @Notes From Mukhofas Inspiration : Beruntung deh, kalau yang hobi makan kacang. Karena kacang menyehatkan :)

    BalasHapus
  7. Mbak, itu pusingnya memang karena alergi, ya? Apa ada hubungannya dengan kolesterol atau tensi ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak karena alergi. Alhamdulillah kolesterol saya normal, tensi juga normal :)

      Hapus
  8. Sukaaaaa bgt sama Kacang. Semua jenis Kacang, waktu gadis dilarang berat sama ibu soalnya bikin jerawatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah nggak jerawatan, makan lagi aja buu... hehe :)

      Hapus