Sabtu, 12 Mei 2012

WARNET ISLAMI

Seiring dg kemajuan teknologi internet yg semakin diminati masyarakat, warnet pun bermunculan bak jamur dimusim hujan. Meski keberadaannya sering dikeluhkan oleh sebagian orang karena membuat anak-anak mereka kecanduan game on line, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan warnet memang diperlukan.


Meskipun sekarang ini hampir setiap rumah memiliki jaringan internet, tapi tentu tidak seluruhnya. Sementara untuk anak sekolah setingkat SMP apalagi SMU mereka sering mendapat tugas dari sekolah yg tugas tersebut menuntut mereka untuk mengakses internet, dalam kondisi seperti ini keberadaan warnet tentu sangat diperlukan.

Bahkan untuk yg telah memiliki sambungan internet di rumah tapi layanan internetnya memiliki bandwidth yg rendah, maka sesekali pasti membutuhkan warnet untuk membuka suatu situs/fail yg tidak bisa dibuka dg leptop rumah, contohnya aku pribadi. 

Ketika hendak memasang iklan di blog aku harus klak klik membuka sebuah situs yg menyediakan layanan iklan, tapi pada saat aku akan mengambil srcipt iklan leptop ku tidak bisa membukanya aku hanya mendapati tulisan DO NOT FOUND 404. Karena hal inilah aku memutuskan untuk pergi ke warnet, dan ide tulisan ini pun muncul ketika aku berada di warnet tersebut.

Dari beberapa warnet yg sering aku jumpai hampir semuanya memberikan privasi yg sangat "bagus" bagi pengunjungnya, hal ini terlihat dari cara mereka mensetting ruangan warnet yg tampak sangat pribadi. Ini adalah bentuk pelayanan dari pemilik warnet agar pengunjung betah berlama-lama di warnetnya dan bebas membuka apa saja tanpa terganggu oleh orang lain.

Kondisi  warnet yg seperti itu membuat para orang tua khawatir sehingga muncul pertanyaan, adakah warnet islami? yg memiliki jam buka tutup sesuai waktu sholat tidak all time seperti warnet pada umumnya? atau setidaknya ada peringatan agar penggunanya tidak melalaikan waktu sholat? warnet yg tidak semaunya bisa membuka situs porno? yg ada teguran  jika internet digunakan untuk hal-hal yg melanggar syariat? yg pemiliknya tidak hanya memikirkan keuntungan pribadi tapi peduli pada norma dan etika islami?

Sederet pertanyaan yg mungkin membosankan (mau bikin warnet aja kok repot...). Tapi jika benar-benar ada warnet yg islami seperti itu, maka ini adalah hal yg positif yg pantas didukung. Para ibu pasti akan merekomendasikan warnet islami ini kepada anak-anaknya ketika mereka memerlukan jasa internet.

Para orang tua pasti tidak merasa khawatir jika anak-anaknya menggunakan jasa internet di warnet islami seperti ini.
Semoga impian ini tidak hanya sekedar angan-angan, demi kebaikkan semua pihak terutama anak-anak mudah-mudahan para penyedia jasa internet mau memunculkan warnet dg nuansa islami seperti yg kita harapkan.


5 komentar:

  1. Asalamualykm'
    Insyaallah saya berniat membuka warnet yg tutup/istirahat pda jam sholat'
    Misal waktu duhur tutup jm11.30-12.00
    Misal waktu asyar-magrib tutup jm16.30-18.00.
    Satu Lagi, Selain pasutri dilarang duduk dlm 1bilik/computer.

    Wallahu warosuluh alam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam wr,

      Memang harus ada yg seperti itu. Semoga bisnis warnetnya lancar, berkah dan barokah...aamiin.

      Hapus
  2. Alhamdulillah Warnet saya sudah termasuk yang mba maksudkan

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus