Rabu, 08 Mei 2013

Sebatang Pohon Sejuta Kebaikkan

Akhir-akhir ini kita sering mengeluhkan kondisi cuaca yang tidak menentu. Terkadang panas terik yang amat sangat namun dalam beberapa jam berubah menjadi mendung gelap kemudian turun hujan. Atau seharian hujan, tapi besok panas memanggang.
 
Kondisi tidak stabil seperti ini membuat daya tahan tubuh cepat menurun sehingga mudah terserang berbagai macam penyakit. Pernahkah terlintas dalam fikiran kita bahwa kondisi seperti ini ada hubungannya dengan pohon?
 
Ya, pohon. Pohon yang seringkali kita keluhkan karena menimbulkan sampah dengan daun-daunnya yang selalu berguguran. Pohon yang akarnya terkadang menyelusup disela-sela dinding rumah sehingga menimbulkan kerusakkan. Pohon yang membuat kita khawatir karena jika roboh akan menimpa rumah kita.
 
Tanpa berfikir panjang, dengan mudahnya kita tebang pohon tersebut untuk mengatasi masalah-masalah diatas. Sepintas kita seolah sudah menyelesaikan masalah, padahal yang terjadi justru sebaliknya. Dengan  menebang pohon, sebenarnya kita sedang menciptakan masalah baru yang jauh lebih besar. 
 
Dengan langkanya pepohonan, cuaca menjadi sangat ekstrim. Ketika musim panas, cuaca terasa sangat panas, sedangkan ketika tiba musim penghujan, banjir merata dimana-mana.
 
Untuk mengatasi masalah besar yang sengaja atau tanpa sengaja kita ciptakan sendiri, tiada lain adalah dengan menanam pohon! Tidak cukup dengan menanam pohon, tapi kita juga harus menjaga kelestariannya dan menjaganya dari tangan-tangan jahil yang hendak merusaknya.



Dengan menanam pohon kita akan mendapatkan beberapa manfaat, seperti:
 
1. Mencegah Terjadinya Banjir.
 
Pohon merupakan tandon air alami karena akarnya menyerap air tanah. Ketika musim penghujan penyerapan air oleh akar pohon akan bisa mencegah terjadinya banjir.
 
2. Meningkatkan Kwalitas Hidup.
 
Pepohonan yang hijau menyejukkan, nampak indah dimata, menimbulkan ketenangan bagi orang yang berada didekatnya. Ini artinya pohon mampu meningkatkan kwalitas hidup seseorang. Bahkan pohon banyak ditanam desekitar rawat inap rumah sakit denga tujuan untuk mempercepat penyembuhan pasien.
 
3. Mengurangi Pemanasan Global.
 
Pohon mampu mengurangi emisi karbon. Seperti yang kita tahu, emisi karbon yang meningkat akan menyebabkan pemanasan global. Karena itu dengan banyak menanam pohon maka kita bisa mengurangi terjadinya pemanasan global. Selain itu pohon juga mampu menyerap karbondioksida dan mengurangi polusi udara.
 
4. Menghemat Listrik.
 
Dengan adanya pohon disekitar rumah kita, maka udara menjadi lebih sejuk, sehingga akan mengurangi pemakaian AC ataupun kipas angin. Ini artinya kita bisa menghemat pengeluaran.
 
5. Membuat Anak Lebih Mudah Belajar.
 
Pepohonan yang ditanam dilingkungan sekolah, akan menciptakan kenyamanan dan ketenangan, sehingga anak-anak akan lebih mudah berkonsentrasi dalam belajar.
 
Masih banyak lagi manfaat yang didapat dari menanam pohon, termasuk manfaat ekonomis. Oleh karena itu jangan tunda lagi menanam meski hanya sebatang pohon. Karena sebatang pohon bisa memberi sejuta kebaikkan.

Mudah-mudahan dengan menanam pohon, kita telah menciptakan sumber pahala yang akan terus mengalir, selama pohon yang kita tanam tetap ada, meski kita sendiri sudah tiada.

3 komentar:

  1. Banyaknya pohon yg ditebang karena banyaknya lahan (berupa kebun,sawah,hutan) yg sdh dijadikan perumahan.

    BalasHapus
  2. ya betul, tapi menanam pohon disekitar rumah kita juga lumayan, daripada nggak samasekali :)

    BalasHapus