Selasa, 07 Mei 2013

Bahayanya Begadang dan Bangun Siang

Banyaknya aktifitas terkadang membuat seseorang lupa menjaga kesehatan. Hampir seluruh waktunya tersita untuk mengerjakan apa-apa yang menurutnya lebih penting, daripada menyisakannya sedikit untuk beristirahat.
 
Padahal segala sesuatu ada haknya masing-masing. Jika hak-hak tersebut tidak ditunaikan secara berimbang, maka yang akan kita dapati adalah masalah demi masalah. Demikian juga ketika seseorang mengabaikan hak tubuhnya untuk  beristirahat, maka yang akan ia dapati adalah masalah kesehatan alias penyakit.
 
Salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit pada tubuh kita adalah tidur terlalu malam. Dengan tidur larut malam, maka waktu untuk beristirahat menjadi berkurang. Seperti yang kita tahu malam hari adalah waktu yang sangat ideal bagi tubuh untuk beristirahat.
 
Penemuan terbaru dari para dokter National Taiwan Hospital mengungkapkan bahwa penyebab utama kerusakkan hati adalah tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang!
Jika tidur larut malam yaitu lebih dari jam 23.00, maka proses detoxifikasi hati akan terganggu, karena proses detoxifikasi hati berlangsung pada jam 23.00 sampai jam 01.00 dini hari dan harus dalam keadaan tertidur pulas.
 
 Pukul 01.00 sampai 03.00 ini adalah wakunya tubuh bekerja mendetoxifikasi empedu. Detoxifikasi empedu bisa berlangsung secara optimal juga ketika  dalam keadaan tertidur pulas.
 
Sedangkan pukul 03.00 sampai 05.00 adalah saatnya detoxifikasi paru-paru. Untuk yang satu ini, tubuh sebaiknya dalam keadaan terjaga dan menghirup udara segar.
 
Pukul 05.00 sampai 07.00 pagi, ini adalah saat yang tepat untuk buang air besar. Pada jam, ini tubuh sedang melakukan detoxifikasi pada bagian usus besar, sehingga jika kita BAB, maka racun-racun akan terbuang bersama kotoran.
 
Pukul 07.00 sampai 09.00 mari kita sarapan pagi! Karena diwaktu ini usus halus sedang bekerja menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan.
 
Jadi, jelaslah bahwa tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang, tidak baik bagi kesehatan, karena akan mengganggu sitem metabolisme dalam tubuh kita.

 

2 komentar:

  1. tapi hal tsb, mau tidak mau harus dilakukan untuk yang kerja shift malam mba, soalnya kagak mungkin juga kalau melek terus alias kagak istirahat :)

    BalasHapus
  2. kalau shift malam biasanya liburnya lebih banyak ya, dan mungkin ada caranya agar manfaat tidur siangnya sama spt malam. Tp sy sendiri kurang begitu paham :)

    BalasHapus