Sabtu, 08 Desember 2012

Temu Blogger Anti Korupsi di Gedung KPK

Jumat, 7 Desember 2012 kemarin aku hadir di gedung KPK, memenuhi undangan dari panitia temu blogger anti korupsi, sekaligus pengumuman pemenang lomba blog KPK. Sehari sebelumnya aku menerima telepon dari salah satu panitia, untuk mengkonfirmasi apakah aku bersedia datang atau tidak.
 
Undangan sebenarnya sudah di kirimkan lewat email, tapi karena aku jarang membukanya, jadilah undangan tersebut tidak terbaca. Aku baru mengetahui setelah menerima telfon.
 
Jujur, aku sangat supraise ketika tahu yang meneleponku adalah panitia lomba, jangan-jangan akulah pemenangnya, aku membathin. Tapi ketika aku tanya "Siapa pemenangnya Pak, apa aku salah satunya?" "Kalau itu masih rahasia." Jawab panitia tadi. Keterkejutanku berubah menjadi harap-harap cemas.

 
Segera saja aku membuka email, dan mengkonfirmasi undangan karena aku memang berniat datang.
Suami yang khawatir melepasku pergi sendiri, akhirnya rela  mengambil cuti kerja demi menemaniku, jadilah kami pergi berdua kegedung KPK yang terletak di jl. H. Rasuna Said Jakarta Selatan.
 
Memasuki halaman gedung, aku melihat ada beberapa pencari berita yang duduk-duduk di teras. Mungkin mereka menunggu para pejabat yang sewaktu-waktu hadir di situ, guna mendapatkan berita yang mereka butuhkan. Melihat para wartawan aku sedikit berangan-angan, coba mereka mewawancaraiku, aku bisa masuk tipi deh (xixixixi... ndeso).
 
Ketika kami hendak membuka pintu  utama, Bapak satpam yang ada di dalam gedung mengisyaratkan kepada kami dengan menunjuk kearah sebelah kanan, aku pikir mereka meminta kami untuk melewati pintu detektor logam yang terletak disebelah kanan Bapak satpam tersebut. Ternyata bukan, kami hanya diminta masuk melaui pintu yang berbeda, bukan pintu utama (sssttt...yang ini khusus pejabat).

Kami disambut oleh seorang panitia lomba yang mendekatiku sambil bertanya "Lomba blog ya mba?" Kemudian kami diantar menuju ruang auditorium, dimana acara temu blogger diselenggarakan.

Ternyata dimuka pintu masuk auditorium, teman-teman blogger sudah banyak berkerumun. Sebagian dari mereka ada yang sudah berada di dalam ruangan, sebagian lagi masih mengantri untuk regristasi. Segera saja aku ikut mengantri. Disisi kanan tempat antrian, panitia menyediakan sebuah sudut yang didekorasi sedemikian rupa, yang diperuntukan untuk berfoto.

Sambil mengantri, satu persatu dari kami saling mengambil gambar disudut tersebut. Panitia meminta kami untuk berekspresi seheboh-hebohnya, dan mengirimkan hasilnya ke twiter KPK untuk dilombakan. Akupun berfoto, tapi hanya untuk dokument pribadi saja.

Acara yang dijadwalkan akan dimulai pukul 14.30, ternyata mundur, dan baru dibuka pada pukul 15.15. Acara dimulai dengan talk show dengan narasumber Bp. Johan Budi yang merupakan kepala biro humas KPK, Bp M. Thorik perwakilan dari Tempo, Mbak Nia dan BP wicaksono yang akrab disapa 'Ndoro Kakung'.

acara talk show


Seharusnya yang menjadi narasumber utama adalah pimpinan KPK Bp. Abraham Samad, namun karena kesibukan, beliau berhalangan hadir. Selain Bp. Johan Budi, hadir pula pimpinan KPK yang lain yaitu Bp. Busro Mukodas dan Bp. Bambang Widjoyanto.

Talk show yang dipandu oleh Ndoro Kakung, berlangsung hangat dan seru. Tiga pertanyaan dari tiga orang pesertapun turut menghidupkan suasana. Setelah acara talk show usai, hadirin diminta berdiri untuk bersama-sama membacakan ikrar tentang anti korupsi, yang dipandu oleh Bp. Johan Budi. Dengan penuh khidmat kami mengikuti pembacaan ikrar tersebut.

Akhirnya.... tibalah pada acara yang paling ditunggu-tunggu yaitu pengumuman pemenang lomba blog KPK.

Dan pemenangnya adalah, juara pertama diraih oleh Wahyuddin Noor dari Kalimantan Selatan, juara ke-2 Danang Firmanto dari Jogjakarta dan juara ke-3 diraih oleh Zakia Salim Wijaya. Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh Selvie Amalia, juara harapan 2 Marintan Ompusunggu dan juara harapan 3 Okky Prasetyo.

Ya...aku bukan salah satu dari pemenang lomba blog KPK, tapi buatku tidak masalah meski menjadi pemenang adalah harapan semua orang termasuk aku.

Setelah aku baca tulisan dari para pemenang, mereka memang terlihat sangat kreatif dalam menyampaikan ide atau gagasan. Ide-ide yang mereka kemukakan terlihat samasekali baru dan berbeda dengan ide-ide yang sudah ada sebelumnya. Menurutku mereka memang pantas menjadi pemenang, dua jempol bila perlu empat jempol untuk mereka.

***

Rasanya lelah juga mengikuti serangkaian acara temu blogger anti korupsi yang lamanya hampir tiga jam. Tak heran jika perut rasanya keroncongan minta diisi. Tapi tak perlu khawatir, panitia sudah menyediakan menu makan 'sore' dimeja prasmanan yang terletak di sebelah kiri auditorium.

Setelah seluruh acara selesai, kami diminta menyantap hidangan yang sudah disediakan, sambil beramah tamah antar blogger.
Acara selesai sudah, dan kamipun kembali kekediaman masing-masing. Sebelum pulang sedianya aku berniat untuk berfoto didepan gedung KPK, tapi karena terburu-buru, keinginan itu terlupakan. Sedikit menyesal, tapi sudahlah....yang penting aku harus segera pulang, karena anak-anak sudah menunggu di rumah.



 

4 komentar:

  1. Akhirnya, ada yang reportase hasil pertemuan kemarin ya. Karena aku ga ikutan lombanya, otomatis ga dapat undangan. Mak, kalau ga keberatan mau ndak buat reportase lagi untuk di web KEB? *Nglunjak hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. reportase tentang apa? boleh juga mak....:)

      Hapus
  2. Seru jg ngikuti acara begitu, ya? Sayangnya, aku gak bisa ikutan padahal diundang juga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mba seru, meski ga menang tapi seneng aja dpt pengalaman baru :)

      Hapus