Senin, 15 Desember 2014

Lezatnya Talam Singkong

Singkong merupakan umbi-umbian yang bisa diolah menjadi berbagai macam kue. Beberapa diantaranya sudah sangat kita kenal, seperti combro, misro, ketimus, talam singkong, keripik, dll.

Nah, diantara beberapa kue berbahan dasar singkong diatas, yang saat ini paling aku gandrungi adalah talam singkong. Sudah beberapa kali aku membuatnya, namun sampai saat ini belum merasa bosan. Rasanya yang manis, kenyal tapi lembut, gurih dan wangi, membuatku pingin lagi dan lagi.

Resepnya aku dapat dari hasil bincang-bincang di TK, dengan ibu-ibu teman Yumna. Cara membuatnya sangat mudah, cukup dicampur, diaduk aduk, dikukus, selesai! Hal ini pula yang mebuatku lebih memilih membuat talam singkong, daripada kue yang lain. Mudah dan praktis, tapi hasilnya memuaskan.

Sebelum membuatnya, kita harus memilih singkong yang benar-benar tua. Tapi bukan yang berkayu, ya. Kalau yang kita pakai singkong yang masih muda, kue akan terasa getir ketika masih panas. Tapi jika singkong yang kita gunakan adalah singkong tua, walaupun masih panas kue tidak getir.

Tapi, kayaknya ada beberapa jenis singkong yang rasanya memang sedikit getir. Untuk membedakannya agak susah. Terkadang sudah terlanjur dibuat, eh, ternyata getir. Buatku tidak masalah, asalkan tidak beracun. Aku akan setia menunggu sampai talam singkongku dingin, baru menikmatinya. 

Sangkin sukanya, aku benar-benar menjaga talam singkong yang aku buat agar tidak mubazir. Jika malam hari masih tersisa meski hanya 2 potong, cepat-cepat menyimpannya didalam kulkas biar nggak basi. Pagi harinya aku segera angetin dengan cara dikukus. Kemudian aku juga yang menghabiskan jika yang lain nggak ada yang mau. Pokoknya sampai habis tidak tersisa!

Penasaran ingin tahu cara membuatnya? Simak baik-baik ya.... :)

Kue Talam Singkong
 
Bahan : 1 kg singkong diparut
                 200 gram mentega, biasanya aku pake bluband
                 1/4 kg gula pasir bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera
                 santan dari 1/2 butir kelapa parut

Caranya : - Campur semua bahan, aduk sampai rata, kekentalannya sampai  seperti bubur   ayam.
                 - Jika suka, bisa ditambah pewarna makanan. Kalau aku lebih suka original.
                 - Masukan kedalam loyang atau cetakkan kue talam.
                 - Kukus kurang lebih 30 menit atau sampai matang.  
 

 Talam Singkong uenak tenan :)













Tidak ada komentar:

Posting Komentar