Minggu, 21 Desember 2014

Bu Ria, Ibu 18 Anak




Meskipun aku seorang ibu, aku tidak terlalu ingat kalau hari ini adalah hari ibu. Tapi, tanpa sengaja tadi pagi aku menelfon ibuku, untuk bertanya kabar. Tentu saja aku tidak mengucapkan kata "selamat hari ibu" karena tidak mengingatnya. Namun aku yakin, dengan dihubungi dan ditanya kabarnya ibuku sudah merasa diibukan, dan dibahagiakan.


Beruntung aku membaca status seorang teman tentang hari ibu. Aku jadi teringat kalau hari ini hari ibu. Dan dihari ini Kumpulan Emak Blogger mengadakan acara posting serentak tentang ibu. Tapi syaratnya yang ditulis bukanlah ibu kandung, tapi ibu-ibu yang lain.
 
Yang berkesan selain ibu kandung? Aku langsung teringat pada sosok Bu Ria, yang kisahnya pernah aku tulis dengan judul Rela Berkorban Dalam Kesederhanaan. Tulisan tersebut dimuat disebuah situs on line dan sudah dibaca oleh 6 ribuan orang.

Ketika pertama kali menulis tentang Bu Ria tahun 2011, aku menceritakan bahwa Bu Ria memiliki 13 orang anak. Setelah hampir 2 tahun tidak bertemu, aku baru tahu ternyata anak Bu Ria sudah bertambah 5 orang, sehingga jumlah keseluruhan anak Bu Ria adalah 18!

Apakah Bu Ria telah mengandung dan melahirkan 5 orang anak selama kurun 2 tahun? Tidak. Seperti biasa, 5 orang anak itu adalah anak angkat, sama seperti 12 anaknya yang lain.

Hal inilah yang membuat aku kagum terhadap sosok beliau. Keterbatasan ekonomi tidak menghalangi Bu Ria untuk menolong anak-anak yang membutuhkan uluran tangannya. Beliau sangat yakin akan pertolongan Allah dalam menjalani hari-harinya. Dan itulah yang terjadi.

Sampai sekarang beliau masih eksis, masih setia mengasuh anak-anak angkatnya yang mungkin akan terus bertambah karena kelembutan hati beliau yang selalu tidak tega jika melihat anak kecil terlantar.

Itulah sosok Bu Ria, seorang wanita sederhana yang rela berkorban demi kehidupan orang lain. Dan, baru saja aku berkirim pesan kepada beliau untuk mengucapkan "Selamat Hari Ibu, yaa...semoga Bu Ria senantiasa sehat dan diberkahi oleh Allah SWT...aamiin."

   


4 komentar:

  1. Allah percaya sama dia yaa...maka di jamin rejekinya. Selamat Hari Ibu ya Mak...:)

    BalasHapus
  2. benar2 mengabdikan diri untuk hidup orang lain, salut banget sama Bu Ria

    BalasHapus