Rabu, 10 Desember 2014

Hemat Tapi Tetap Sehat



                                                                            image

Polusi udara saat ini, sangat tidak terkendali. Jangankan di kota besar, didaerah pinggiran seperti tempat tinggal kami pun, polusi tidak terelakkan. Banyaknya kendaraan, daerah hijau yang semakin berkurang, dan pertambahan jumlah penduduk, adalah beberapa contoh penyebab polusi yang hampir tidak bisa dihindari.
Jika setiap saat kita biarkan tubuh kita terpapar polusi begitu saja tanpa ada usaha untuk melindungi, tentu lama kelamaan tubuh kita akan mudah sakit. Meski saat ini apa-apa serba mahal, untuk urusan menjaga kesehatan tetap harus diutamakan. Justru sebaliknya, jika tidak melakukan pencegahaan, maka kita akan dipaksa merogoh kantong lebih dalam, ketika terlanjur sakit.

Jadi, mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Apalagi ada sebuah cara menjaga kesehatan yang sangat mudah dan praktis serta ramah dompet alias murah. Yaitu minum air infus.

Bukan! Bukan air infus yang ada dirumah sakit. Tapi campuran air putih dengan irisan buah atau herbal yang saat ini lebih dikenal dengan nama infused water. Selain murah dan bermanfaat, cara membuatnya pun mudah dan praktis.

Selain itu, infused water memiliki beberapa keistimewaan yaitu :
  • Bahan yang digunakan mudah diperoleh.
  • Mengandung zat gizi serta mineral yang diperlukan tubuh.
  • Membantu mengeluarkan racun dari tubuh atau detoksifikasi.
  • Membantu mengendalikan berat badan.
Buah-buahan dan herbal yang bisa digunakan untuk membuat infused water diantaranya adalah anggur, lemon, mentimun, strawbery, jeruk, kiwi, jeruk nipis, daun mint, jahe, dan kayu manis. Buah yang digunakan sebaiknya buah yang kematangannya optimal karena zat gizinya sudah terbentuk secara sempurna.

Cara membuatnya :
  • Cuci buah-buahan sampai bersih.
  • Iris buah tipis-tipis.
  • Sediakan air minum kurang lebih 1/2 liter, tambahkan kira-kira 10-15 irisan buah.
  • Biarkan selama 6 sampai 12 jam didalam lemari pendingin agar saripati buah keluar.
  • Infused water siap diminum.
Jika cairan telah habis, buah jangan langsung dibuang karena masih bisa dipakai sekali lagi. Tinggal menambahkan air minum dalam jumlah yang sama. Infused water bisa bertahan selama 2-5 hari, kalau disimpan dalam lemari pendingin.

Beberapa manfaat buah-buahan yang dipergunakan untuk membuat infused water diantaranya: mentimun, bermanfaat mencegah dehidrasi dan melancarkan pencernaan. Strawbery, mencegah keriput dan memperbaiki sel yang rusak. Lemon, menurunkan berat badan dan mencegah rasa mual. Kiwi, menangkal radikal bebas dan cocok untuk diet. Jeruk, meningkatkan stamina. Strawbery yang dicampur sama kiwi, bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Daun mint, bermanfaat untuk relaksasi. Daun mint ditambah jeruk nipis, bermanfaat meredakan sakit kepala dan relaksasi.

Ternyata, untuk sehat dan bugar tidak perlu biaya mahal. Dengan sedikit usaha dan kreatifitas, kita bisa menyediakan minuman segar, yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah agar kita tidak mudah sakit yaitu infused water.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar