Kamis, 11 April 2013

Membuat Kue Pai

Asyiiiik....mulai sekarang, jika ada pekan ke-5 dalam satu bulan, agenda pengajian diganti dengan acara memasak! Yup, biar nggak jenuh, juga agar diantara kami semakin mengenal lebih jauh, sehingga tali persaudaraan semakin erat.
 
Pekan ke-5 dibulan Maret kemarin, ceritanya kami membuat kue pai. Kue pai itu rasanya enak, luarnya renyah dan gurih, dalemnya manis dan lembut ditambah buah-buahan segar sebagai toping. Cara membuatnya pun mudah, apalagi ada bu Nani "sang master kue"  yang mengajari kami. Tak perlu banyak mikir, tinggal mengikuti beliau, jadi deh kue pai-nya (nggak kreatif banget :P).

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue pai yaitu: 1 kg tepung terigu, tepung maizena kurleb 1/2 kg, margarin 1/2 kg, gula halus 1/8 kg atau sesuai selera, susu cair secukupnya, satu kuning telur, agar-agar tanpa warna dan buah-buahan.
 
 
bu Nani ngocok kue sambil ngantuk :P
 
Yang pertama dibuat adalah cangkang kue. Caranya: margarine, gula halus dan kuning telur dikocok menggunakan mixer sampai tercampur rata. Kemudian masukkan tepung terigu, aduk menggunakan tangan sampai kalis. Cetak adonan tersebut menggunakkan cetakan kue pai yang sudah dioles margarine. Panggang cangkang kue kedalam oven sampai kuning kecoklatan atau golden brown (menurut chef :p ).
 
Berikutnya kita membuat fla sebagai isi dari cangkang. Caranya: susu cair dipanaskan, kemudian masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan, aduk rata sampai kekentalannya cukup (tidak terlalu encer atau terlau kental), sisihkan.
 
 
meski jeruknya kecil, tapi manis loh...
 
Siapkan buah-buahan yang akan dipakai sebagai toping. Buah boleh apa saja sesuai selera.  Sedangkan buah yang kami pakai kemarin adalah nanas, strowberi, jeruk, anggur merah dan anggur hitam. Sebenarnya buah yang dipakai tidak perlu terlau banyak, cukup tiga atau dua macam saja, tergantung besar kecilnya cangkang kue. Cuci bersih buah-buah tersebut, lalu potong kecil-kecil. Ukurannya kira-kira sebesar buah strowberi yang dipotong menjadi enam bagian.
 
Setelah cangkang kue, fla dan buah siap, kami mulai menyusun kue pai. Caranya: isi cangkang dengan fla, kemudian atasnya diberi toping buah. Susun buah-buahan tersebut semanis mungkin agar menggugah selera. Terakhir, tutup bagian atas kue dengan agar-agar cair yang masih panas. Biarkan kue beberapa saat sampai agar-agar mengeras. Udah deh, kue pai siap disantap.
 
Taraaaa.....inilah kue pai buatan kami, SELAMAT MENIKMATI!
 
 

 
 
 


3 komentar:

  1. Menarik, mbak resepnya, boleh dicoba nich. Salam kenal. Nilam F. Wulandari

    BalasHapus
  2. Wah, dari dulu pengen banget bisa bikin kue ini, tapi gak ada yang mo ngajarin,, hehe...izin copas resep nya ya, mbak...:))

    BalasHapus
  3. @hidupituberwarna, @Emi Syofyan : senang bisa membantu, silahkan dicopas sepuasnya :)

    BalasHapus