Kamis, 23 April 2015

Mensyukuri Nikmat dengan Merawat Kulit Wajah

" Allah itu indah dan mencintai keindahan " Al Hadist.

       Sebagai seorang wanita, tentu sangat mendambakan kulit wajah yang cantik, yaitu bersih, mulus, bebas dari flek hitam, jerawat, komedo dan semacamnya. Nah, untuk keperluan ini, tentu harus ada usaha yang kita lakukan. Misal dengan menggunakan produk kecantikkan, yang saat  ini banyak sekali dijual dipasaran.

       Produk kecantikkan tersebut memiliki harga yang bervariatif, dari yang puluhan ribu, ratusan bahkan sampai jutaan rupiah. Untuk yang mempunyai budget lebih, tentu sangat mudah mendapatkan produk kecantikkan yang berharga mahal. Tapi, bagi yang tidak memiliki dana khusus untuk perawatan kecantikkan, bukan berarti boleh cuek saja, membiarkan kulit wajahnya kusam tidak terawat. Kan, merawat kulit merupakan bentuk syukur kepada Allah yang telah memberi kita wajah yang cantik (semua wanita itu cantik lho...).  Apalagi kalau kita membaca hadist diatas, tentu akan lebih terpacu untuk tampil indah dan cantik. Betul? *Tukul Arwana style*


       Ada banyak cara untuk merawat kulit wajah, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Bahkan gratis, karena bahan-bahannya sudah ada disekitar kita. Misalnya dengan memanfaatkan sisa air teh kemarin (teh basi). Tentang teh basi sudah pernah aku tuliskan disini. Atau, kita bisa menggunakan masker wajah yang kita buat sendiri. Meracik masker gampang lho... Kita bisa menggunakan tepung beras yang kita buat sendiri, yaitu dengan merendam sejumput beras dengan air selama kurang lebih 2 hari, kemudian dihaluskan. Sebenarnya bisa saja beras langsung dihaluskan tanpa direndam, tapi hasilnya agak kasar dibanding yang sudah direndam.

        Dari hanya sejumput beras, bisa dihasilkan tepung lumayan banyak. Ambil tepung beras secukupnya, untuk membuat masker satu kali pake. Untuk mendapakan manfaat lebih, kita bisa menambahkan sedikit (sedikit saja) parutan kunyit. Tambahkan pula jus tomat, sampai kekentalannya cukup. Nah, masker wajah hand made siap digunakan. Tepung beras yang berfungsi sebagai srub yang akan meluruhkan sel kulit tua, ditambah kunyit yang berfungsi mencerahkan, dan jus tomat yang mengandung banyak nutrisi, akan membuat wajah kita mulus, bersih dan bercahaya. Tentu saja jika kita memakainya secara rutin dan teratur. Mudah dan murah bukan?

        Selain bahan-bahan diatas, tepung beras bisa juga di mix dengan susu asam (yoguth) atau susu segar. Bisa juga ditambah buah-buahan lain yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Selain masker dari tepung beras, kita juga bisa memanfaatkan putih telur untuk mengolesi wajah. Nah, masker yang satu ini sangat mudah didapatkan. Sebagai IRT, tentu kita selalu menyediakan telur dirumah, iya kan? Telur adalah lauk yang paling gampang disediakan, terutama disaat sedang malas memasak. Yang penting jangan malas masak tiap hari :P Ketika akan menggoreng telur, sisakan sedikit cairan putihnya.  Oleskan putih telur secara merata keseluruh wajah. Biarkan mengering, dan rasakan sensasi tarikkannya. Kencang dan mengencangkan kulit.

       Aku pribadi sangat suka menikmati kencangnya tarikkan masker putih telur. Selain kencangnya nampol, aku bisa berlama-lama mendiamkannya, tanpa khawatir adanya rasa panas diwajah, seperti masker-masker lain kalau memakainya lebih dari 15 menit. Jadi, selama aku masih mau menikmati, aku biarkan saja putih telur menempel diwajahku. Manfaat yang aku rasakan dari masker putih telur adalah, wajah terasa kencang dan lembab alami. Hanya saja masker putih telur tidak memiliki srub, sehingga tidak bisa meluruhkan sel kulit tua. Selama memakai masker, kita bisa menutup mata kita dengan irisan mentimun. Atau bisa juga dengan sisa teh celup yang sudah didinginkan. Dengan begitu tidak hanya kulit wajah saja yang cantik, tapi juga daerah sekitar mata. 

        Masih banyak bahan-bahan lain yang ada disekitar kita, yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit wajah. Misalnya madu. Sesekali boleh saja kita memanfaatkan madu yang ada dimeja makan, untuk maskeran. Bisa juga minyak zaitun atau buah-buahan seperti alpukat, apel, bengkoang dan lain-lain. Yang pasti, ada banyak cara untuk tampil cantik. Dan tidak ada lagi alasan untuk mengabaikan kecantikkan yang sudah dianugrahkan Allah SWT kepada kita.
   



       

5 komentar:

  1. betul banget mak, apalagi kalo udah punya suami, harus rajin lagi merawat kecantikan :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kita rajin merawat kulit wajah, suami pasti melirik kearah kita terus :)

      Hapus
  2. kalau saya tiap malam di kompres pakai esbatu .. apakah ada manfaatnya untuk wajah selain menyegarkan ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain menyegarkan, kayaknya sih, bisa memperkecil pori2 kulit :)

      Hapus
  3. Setuju, Mbaaaak.. Pokoknya yang namanya wanita itu harus menjaga dan merawat kulit yak :D

    BalasHapus