Jumat, 07 November 2014

Menjaga Fungsi Ginjal dengan Daun Seledrii




Suka makanan yang gurih dan asin? Kalau jawabannya ya, berarti sama denganku. 
Bahkan menurut suami, masakkanku sering keasinan. Dan aku pun diingatkan agar mengurangi garam, terutama pada lauk pauk dan sayur yang juga dimakan oleh anak-anak.

Terkadang aku ngeyel, karena kalau kurang garam, menurutku rasanya nggak enak. Apalagi kalau dicampur dengan nasi, rasanya jadi hambar. Sedikit kelebihan garam nggak apa apa lah, toh tensi darahku rendah. Aku sedikit beralibi.  

Sampai beberapa hari yang lalu, aku membaca status temen fb, yang menuliskan tentang manfaat daun seledri. Salah satu manfaat daun seledri adalah untuk menjaga fingsi ginjal, begitu pada status tersebut dituliskan.


Aku jadi teringat bahwa kelebihan garam tidak hanya menaikkan tensi, tapi juga bisa merusak ginjal. Dan untuk mencegah kerusakkan ginjal, terutama buatku yang suka makan makanan yang asin, nggak ada salahnya mencoba meminum air rebusan daun seledri. 

Keesokan harinya, aku membeli seikat daun seledri. Setelah dicuci, daun seledri tersebut aku potong potong dan aku masukkan kedalam tiga gelas air mendidih. Sekitar 10 menit aku merebusnya. Setelah dingin aku saring dan aku bagi menjadi dua gelas.

Satu gelas untuk aku minum hari ini dan yang satu gelas lagi aku masukan kedalam kulkas, untuk diminum besok pagi.

Efek dari meminum rebusan daun seledri, aku jadi sering pipis, dengan volume air seni yang lebih banyak dari biasanya. Efek berikutnya, aku jadi cepat haus.

Mungkin dengan minum air daun seledri, kerja ginjal jadi lebih optimal, sehingga ginjal lebih cepat menyaring zat zat yang melewatinya dan segera mambuang sisanya berupa urine. Tapi ini analisaku saja sih.

Aku penasaran dan ingin tahu lebih banyak, apa saja manfaat daun seledri selain untuk kesehatan ginjal.

Inilah beberapa manfaat daun seledri yang aku dapatkan dari magforwomen.com

1. Seledri merupakan sumber vitamin A dan juga zat besi lainnya seperti zat besi, kalium,   dan mineral. 

2. Banyak sayuran yang akan kehilangan vitaminnya setelah dimasak. Namun seledri berbeda. Kandungan vitamin seledri akan tetap utuh sebesar 80% walaupun telah dimasak.

3. Seledri bermanfaat untuk para atlet, karena nutrisi seledri dapat mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang.

4. Apabila Anda merasa gerah karena sinar matahari, Anda dapat mendinginkan tubuh dengan jus seledri.

5. Seledri dapat mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan manis dan makanan yang dapat membuat berat badan tubuh Anda bertambah.

6. Seledri dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga agar ginjal Anda tetap berfungsi dengan baik.

7. Seledri mencegah pembentukan batu di kantung empedu dan juga dapat menghindarkan Anda dari sembelit.

8. Seledri juga baik untuk menghindarkan Anda dari kanker perut.

9. Seledri akan menenangkan sistem saraf Anda dan juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi.


Ternyata seledri yang banyak kita jumpai di pasar atau di tukang sayur, sangat banyak manfaatnya. Tidak sekedar untuk pelengkap sayur sop, tapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

So, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi seledri baik di jus atau meminum air rebusannya, agar tubuh kita senentiasa sehat.[SK]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar