Selasa, 29 April 2014

Suara PKS di Desaku

Desa Karangsari kecamatan Pulosari kabupaten Pemalang adalah daerah tempat aku dilahirkan. Rasanya wajar jika aku sangat peduli dengan desaku ini, meski  saat ini aku berada jauh dari desa Karangsari.

Kepedulianku kali ini, di hari setelah pemilu legislatif, adalah tentang jumlah  suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berhasil diraup dikeduabelas TPS yang ada di desa Karangsari. Kenapa PKS? Jawabannya karena aku cinta PKS. Simple!

Setelah beberapa hari aku memantau web resmi KPU, yang menayangkan segala sesuatu tentang pileg, dari DPT, berita sekitar pileg, sampai hasil scan formulir c1 dari seluruh TPS di seluruh Indonesia. Dari sini aku bisa tahu jumlah suara PKS dan juga partai lain, yang di dapatkan di desaku Karangsari. Bahkan daftar nama para pemilih di masing-masing TPS, juga bisa dibaca di web ini.

Sayangnya dari 12 TPS yang ada, baru 10 TPS yang formulir c1 nya sudah ditayangkan di web KPU. Sampai detik ini, masih ada 2 TPS yang formulir c1 nya belum diupluod yaitu TPS 9 dan TPS 11. Sayang seribu sayang.



Dari 10 TPS yang ada, PKS hanya mendapatkan 41 suara! 
Aku sangat bisa memaklumi hal ini. Selain karena Karangsari adalah "sarang" PDIP, PKS tidak terlalu dikenal di sini. Mungkin hanya beberapa orang saja yang benar-benar mengerti PKS, sehingga berkenan memilihnya. 

Aku akan sebutkan dari TPS mana saja jumlah suara PKS yang hanya 41 ini. Yaitu TPS 1 hanya mendapat 1 suara. TPS dua 6 suara. TPS tiga 3 suara. TPS empat 6 suara. TPS lima 5 suara. TPS enam 6 suara, disini ada bapak dan ibu insyaallah beliau menyumbang 2 suara. TPS tujuh 5 suara. TPS delapan 0 suara. TPS sembilan belum diupluod. TPS sepuluh  4 suara. TPS sebelas belum diupluod. TPS duabelas 5 suara.

Jumlah suara PKS di desaku sangatlah kecil, jika dibandingkan dengan desa tetangga yaitu desa Gunungsari. Di desa Gunungsari, suara PKS hampir mencapai 200 suara. Bahkan di TPS 2, PKS unggul dengan perolehan 107 suara, duakali lipat dari PDIP yang hanya meraih 68 suara.

Masyarakat desa Gunungsari lebih terpelajar, tingkat pendidikan mereka juga lebih tinggi dibanding masyatakat Karangsari. Mereka lebih melek media juga internet, jadi paham dengan perkembangan politik yang saat ini terjadi ditanah air.

Meski di desaku suara PKS kecil, tapi alhamdulilah dapil 5 (Karangsari termasuk dapil 5), PKS masih bisa memepertahankan satu kursinya. Hanya didapil yang baru yaitu dapil 6 PKS tidak memperoleh kursi. Jadi total kursi yang diraih PKS di kabupaten Pemalang ada 5 kursi, masih sama dengan pileg lima tahun lalu.

Berapapun jumlah kursinya, yang penting adalah bekerja melayani masyarakat. Mudah mudahan dengan perolehan 5 kursi ini, PKS bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat yang sudah memilihnya . Mudah-mudahan PKS juga bisa berdakwah di lingkungan anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Pemalang. Aamiin.



Sumber: www.pemilu2014.kpu.co.id

2 komentar:

  1. Kader PKS mesti lebih giat lagi kampanyenya. Alhamdulillah, di tempatku PKS menang, Mbak. Kadernya sudah banyak dan membaur dg masyarakat. Sering ngadain pengobatan gratis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mbak Leyla kalau menang. Kalau di kampung saya nggak ada kader PKS :( jadi nggak ada yang mengkampanyekan.

      Hapus