Senin, 10 Juni 2013

Jus Pisang Ala Chef Helmi

Dari badannya yang gendut, hampir dipastikan bahwa Helmi memang doyan makan, meski tidak semua orang gemuk sama seperti itu. Karena itu nggak heran jika Helmi hoby berkutat didapur untuk membuat berbagai macam makanan yang kadang menurutku aneh.
 
Dia pernah membuat jus salak menggunakan juser. Waktu itu blenderku masih rusak, belum sempat membawa ke tukang reparasi. Meski sudah diberi pengertian kalau buah salak itu nggak cocok untuk dibikin jus apalagi pakai juser bukan blender. Tapi Helmi tetap "ngeyel" akhirnya aku biarkan saja. Dan benar, hasil jusnya tidak enak. Dari beberapa buah salak hanya menghasilkan beberapa ml sari buah. Terang saja hasilnya sedikit, memang buah salak kadar airnya sedikit.

 
Lain waktu Helmi membuat jus semangka dan jus jeruk, masih pakai juser. Kalau menurutku sih, semangka langsung dimakan saja, rasanya sudah enak dan segar. Apalagi jeruk, dimasukkin ke juser sekalian bijinya pula. Ya, rasa jusnya pahit. Tapi itulah Helmi, nggak bisa dilarang!
 
Kali ini yang Helmi buat adalah jus pisang. Aneh bin ajaib. Rasanya baru kali ini aku mendengar ada jus pisang (atau mungkin akunya yang baru dengar). Waktu itu yang ada dimeja makan kami adalah pisang mas (mirip pisang lampung). Dengan kreatifnya Helmi pun berniat membuat jus pisang. "Pisang enak begitu, tinggal dimakan aja Hel, ngapain pake di jus segala. Lagian kayaknya aneh, memang ada jus pisang?" kataku panjang lebar. Seperti biasa, kata-kataku tidak digubris, kalau sudah maunya ya maunya titik.
 
Sekitar tujuh buah pisang pun dimasukkan kedalam blender (kali ini blenderku sudah diservice). Lalu di tambah dengan satu gelas air putih. Taraaa...jadilah satu gelas besar jus pisang ala chef Helmi!
 
Aku pun penasaran ingin mencicipi. Eh...ternyata rasanya enak. Pisang yang memang bertekstur lembut dan rasanya manis, semakin terasa lembut di mulut setelah dibikin jus. Hanya saja baunya agak aneh dan warnanya kurang menarik. Warna pisang yang awalnya kekuningan berubah menjadi hampir abu abu, dan jika tidak  langsung diminum, warnanya akan berubah menjadi keunguan.
 
Jus pisang tadi akan terasa lebih enak jika di tambah susu kental manis dan es krim rasa pisang. Bisa juga ditambah buah durian. Jus pisang sangat cocok diminum saat hari panas. Hmm....yummy...lembut dan segaaar!!
 
Meski kreatifitas Helmi terkadang agak ngawur, tapi tak jarang apa yang dia buat rasanya cocok di lidah. Contohnya kriuk jamur, dan jus pisang ini.
 
 
 
 

2 komentar: