Minggu, 09 November 2014

Hujan Penuh Berkah

 


"Aku punya anak laki-laki, tapi kok, penakut banget ya, lebih penakut dari kakanya yang perempuan." Ujarku suatu hari pada seorang teman. "Bu, biarkan anak ibu sering-sering mandi hujan, biar sifat penakutnya hilang." Jawab temanku memberi solusi.  Benarkah? Aku bertanya dalam hati.

Seberapa sering hujan membuat kita menggerutu? Atau, seberapa banyak hujan membuat kita tersenyum, kemudian bersyukur? Semua tergantung pada cara pandang kita tentang hujan. Bagi pengojek payung, hujan itu artinya uang. Namun bagi orang yang pobia udara dingin, hujan itu artinya, penyakit. Dan, bagi yang "paham", hujan itu artinya rahmat yang membawa banyak manfaat.

Memasuki bulan yang berakhiran ber yaitu September, Oktober, November, hari-hari kita mulai diwarnai dengan rinai hujan. Terkadang sangkin seringnya, udara menjadi dingin menggigit.
 .
Namun dibalik dinginnya air hujan, tersimpan berbagai macam khasiat  yang sangat bermanfaat bagi makhluk hidup khususnya manusia. Seperti dialog diatas, salah satu manfaat hujan adalah untuk menguatkan hati atau penghilang rasa takut. Hal ini terdapat dalam Al Qur'an.

"(Ingatlah) ketika Allah membuat kamu mengantuk untuk memberi ketentraman dari NYA, dan Allah menurunkan air (hujan) dari langit kepadamu untuk menyucikan kamu dengan (hujan) itu dan menghilangkan gangguan-gangguan setan dari dirimu untuk menguatkan hatimu serta memperteguh telapak kakimu (teguh pendirian). QS. Al Anfal:11

Air hujan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ketika terguyur air hujan, tentu kita merasakan sensasi tersendiri. "Pukulan" air hujan mengejutkan sistem syaraf yang tersebar diseluruh tubuh, dan ini sangat mirip dengan cara kerja pijat refleksi. "Pukulan" air hujan yang mengenai wajah, juga sangat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah. Sitem inilah yang diadopsi oleh beberapa tempat SPA, yang menggunakan air sebagai media perawatan kecantikan dan kebugaran tubuh.

Larutan air hujan murni yang masih segar dengan garam, yang digunakan untuk merendam kaki kita selama 15 menit, dan dilakukan secara rutin, ditengarai bisa mengilangkan toksin dalam tubuh. Air hujan murni adalah air hujan yang didapatkan tanpa melewati perantara (genteng/asbes), tapi langsung dari langit. Air hujan tersebut ditampung pada wadah plastik atau kaca atau keramik, bukan wadah yang berasal dari logam.

Air hujan juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada tangan. Setelah makan makanan yang berbau meyengat seperti ikan, ayam, daging atau telor, kita bisa mengilangkan baunya dengan mencuci tangan kita mengguankan air hujan.

Manfaat hujan yang lain bisa kita baca pada QS. Al Furqon : 48-50

Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih, agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (daripadanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat)”

Banyaknya curah hujan, mungkin membuat aktifitas kita sedikit terhambat. Tapi dengan mengetahui manfaatnya yang sangat banyak, mudah-mudahan kita tidak lekas mengeluh ketika hujan turun. Sebaliknya kita akan selalu bersyukur atas nikmat dan karunia Allah yang tidak terhingga ini. [SK]

“Dan Kami turunkan dari langit, air hujan yang diberkahi (mubaarak)…” [QS. Qaaf : 9].
 

2 komentar:

  1. Subhanallah ya manfaat air hujan..jjadi pengen hujan2an...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali boleh bu, misal sambil mengendarai motor :)

      Hapus