Rabu, 03 Desember 2014

Bersedekah di Jalan Raya Tanpa Uang



                                  image                                 


Mendengar kata sedekah di jalan raya, mungkin sebagian orang akan membayangkan memberikan uang kepada pengemis, pengamen, pak ogah, anak jalanan, dan lain-lain. Tapi, ternyata sedekah tidak hanya itu. Peluang bersedekah sangat banyak meski kita tidak memiliki uang.

Bahkan kata Rasulullah "Engkau menyingkirkan duri atau tulang dari jalan, itu adalah sedekah" Masih kata Rasulullah, "sedekah itu adalah bukti iman"
Oleh karena itu, sedekah dijalan raya tidak hanya persoalan memberi uang kepada fakir miskin saja.

Sebagai pengguna jalan, seringkali kita mengalami hal-hal yang tidak mengenakkan akibat ketidak disiplinan pengguna jalan yang lain. Namun jika kita menyikapinya dengan bijak, maka hal-hal tidak mengenakkan tersebut, bisa menjadi ladang sedekah buat kita.
Ketika sedang asik mengemudi, tiba-tiba ada mobil atau motor yang nylonong memotong jalan kita. Dalam situasi seperti itu, menahan marah dan mengalah memberikan jalan kepada penyerobot, akan menjadi sedekah buat kita. Daripada kita marah-marah, membuang energi bahkan membahayakan kesehatan kita, lebih baik kita bersedekah dengan mengalah. 

Supir angkot itu seringkali menjengkelkan. Tidak jarang angkot menyalip dan berhenti mendadak didepan kita. Jika saja rem kendaraan kita blong, atau kita kurang konsentrasi, tentu akan terjadi tabrakkan. Tapi memaklumi kelakuan supir angkot yang sedang kejar setoran, dan memaafkan kesalahannya itu lebih baik daripada mengumpat atau mencaci maki. Dan hal tersebut merupakan sedekah.

"Jadilah engkau pemaaf, suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruh, serta berpalinglah daripada orang-orang yang bodoh" QS. Al-A'raf : 199

Pagi hari jalan raya selalu ramai bahkan macet. Wajar saja, karena dijam tersebut orang sibuk berangkat ke kantor dan anak-anak berangkat sekolah. Tiba-tiba ada kendaraan yang mogok ditengah jalan sehingga kemacetan semakin parah. Kalau mengikuti kata hati, maka kita akan kesal bahkan marah karena akan terlambat. Sebelum itu terjadi sebaiknya kita bayangkan jika yang mogok itu kendaraan kita, tentu sangat tidak mengenakkan. So...lebih baik kita doakan orang tersebut, agar kendaraannya segera bisa diperbaiki, dan lalulintas kembali normal. Karena mendoakan orang lain merupakan sedekah.

"Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikkan saudaranya (sesama muslim), tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata. "Dan bagimu juga kebaikkan yang sama" (HR. Muslim)

Ada banyak peluang bersedekah dijalan raya, asalkan kita kreatif dan meluruskan niat hanya karena Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar