Selasa, 24 Juli 2012

BELAJAR PUASA



Puasa bagi orang tua adalah suatu hal yg biasa yg tidak terasa berat, tapi tidak demikian dg anak-anak. Bagi anak-anak yg belum memasuki usia baligh puasa yg dilakukan adalah dalam rangka belajar, bukan dilakukan karena kewajiban.

Selayaknya belajar ada anak yg menjalaninya dg ringan dan mudah ada juga yg merasa berat dan sulit. Ada yg langsung bisa berpuasa satu hari penuh, tapi ada juga yg hanya bisa setengah hari saja tergantung kondisi masing-masing.

Diusianya yg ke 9th anakku mulai belajar puasa dg serius, dan alhamdulillah empat hari bisa dilaluinya tanpa rengekan yg berarti. Berbeda dg ramadhan tahun sebelumnya yg hanya sanggup berpuasa beberapa hari saja.

Aku merasa saat ini Helmi sudah cukup kuat untuk berpuasa satu hari penuh, sehingga aku berusaha menguatkan hati agar tidak iba ketika ia mulai merengek minta minum.  Tapi sebagai gantinya aku  selalu membujuk dan menasehatinya agar bersabar dan tak lupa aku menemaninya tidur siang.

Lama kelamaan Helmi paham bagaimana cara mengatasi rasa hausnya, tanpa harus minum yaitu dg bersabar dan tidur. Mudah-mudahan ramadhan tahun ini Helmi bisa berpuasa satu bulan penuh sehingga jika usianya masuk masa baligh ia sudah terbiasa berpuasa dan tidak merasa berat lagi seperti halnya Iqlima kakaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar