Sabtu, 12 Mei 2012

Berfikir Mendalam

Pernahkah kita menyempatkan waktu sejenak diberbagai kesempatan untuk berfikir mendalam tentang apa-apa yg kita lihat dan saksikan? Pernahkah kita berfikir bahwa segala sesuatu yg ada disekitar kita bisa dijadikan sarana untuk mengingat Allah?


Seperti yg tercantum dalam:
QS Ali Imran:191 (Yaitu) orang-orang yg mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia, Maha suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka" 

Ketika kita "nongkrong" di mall atau berbelanja di pasar, maka kita akan bertemu dg banyak orang yg kalau kita perhatikan satu persatu dari sekian banyak orang tersebut, tidak ada orang yg sama persis antara satu dan yg lain hatta mereka kembar identik sekalipun.

Demikian juga kalau kita berkenan memperhatikan daun-daun yg ada pada sebatang pohon, maka dari beribu-ribu daun tersebut tidak akan ada satupun yg sama persis. Mungkin bentuknya sama tapi ada sedikit cacat yg membedakan, atau mungkin sama persis tapi ternyata memiliki berat yg berbeda, dll.

Itu baru daun dari sebatang pohon, belum lagi daun yg berasal dari pohon yg lain dan dari jenis tanaman lain, yg semuanya dipastikan berbeda antara satu dg yg lainnya, subhanallah...

Jika kita pikirkan, sebenarnya hidup kita selalu berada di ujung tanduk, setiap saat musibah bahkan kematian selalu mengintai kita.
Bagaimana jika tabung gas yg ada di rumah kita tiba-tiba meledak? Bagaimana jika tetangga kita lupa mematikan kompor dan meninggalkan rumah dalam kondisi api yg masih menyala, hingga api tersebut ikut membakar rumah kita?

Tapi sampai saat ini (mudah-mudahan seterusnya) hal-hal tersebut tidak terjadi kepada kita. Jika kita mau berfikir tentu kita tahu bahwa ada sesuatu yg menjaga kita sehingga kita selamat dari musibah yg bisa saja setiap saat menimpa kita, DIA lah Allah adza wazallah.

Apabila kita mau memikirkan hal ini secara mendalam maka kita akan sampai pada sebuah kesimpulan bahwa Allah adalah maha dari segala maha. Hanya Allah lah sang kreator ulung yg mampu menciptakan ribuan daun sejenis dg bentuk yg tidak sama, apalagi daun yg tidak sejenis dan hanya Allah lah yg mampu setiap saat menjaga keselamatan kita.

Hal diatas adalah sebuah contoh kecil tentang hal-hal yg bisa dijadikan sarana untuk mengingat Allah, masih banyak hal-hal lain yg lebih dahsyat dan lebih besar yg ada disekitar kita yg bisa membuat kita senantiasa berdzikir kepada Allah, jika kita mau berfikir secara mendalam.
Wallahu a'lam bishowab.


Sumber referensi buku DEEP THINKING karya Harun Yahya (Adnan Oktar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar