Selasa, 07 Februari 2012

Anakku Helmi Firdaus Ibrahim

Hari ini anak keduaku Helmi Firdaus Ibrahim berulang tahun, usianya genap sembilan tahun. Seperti orang tua pada umumnya, aku berharap diusia yg semakin bertambah ini, mudah-mudahan anakku menjadi semakin matang baik dalam berfikir ataupun bertingkah laku.

Aku sangat berharap Helmi mau menjalankan sholat lima waktu secara rutin, masih ada waktu satu tahun untuk pembiasaanya, sebelum akhirnya aku harus bertindak tegas jika diusia 10 th ia tidak juga mengerjakan sholat.

Selama ini Helmi memang masih sering bersikap manja daripada mandiri, dia juga kelihatan cemburu pada adik perempuannya, tapi aku pikir ini hal yang lumrah.
Karena Helmi laki-laki, aku lebih banyak menyerahkan urusan Helmi kepada Abinya, sebelum tidur dikelonin sama abi, mandi dimandiin abi, kalau sakitpun abinya yg mendampingi, aku hanya sesekali jika memang diperlukan.

Mudah-mudahan diusianya yg kesembilan tahun, Helmi semakin mandiri tidak selalu bergantung pada abinya atau aku umminya.
Sesuai dg postur tubuhnya yg besar dan doyan makan, ia lebih memilih diberi hadiah kue ulang tahun daripada mainan, meski di lain kesempatan ia akan meminta mainan juga.

Helmi memang bertubuh besar sangat tidak identik dg ummi atau abinya, terkadang kondisi ini memancing orang untuk berkomentar macam-macam. Tidak sekali dua aku mendengar orang yg sambil bercanda mengatakan pada Helmi, bahwa Helmi bukan anak kami, tertukar di rumah sakitlah, anak pungutlah.

Buatku ini murni candaan belaka, tapi buat Helmi sepertinya ia sempat terpancing dg kata-kata itu, terbukti ketika ia marah dan cemburu sama adiknya ia mengatakan "ummi nggak sayang sama Mas, sayangnya cuma sama Yumna aja, Mas anak pungut kan, ngambil dari tempat sampah kan?" Lucunyaaa...kamu Helmi.

"Helmi, tentu saja Helmi anak ummi sama abi, dan ummi sayang sama Helmi. Badan Helmi emang besar, kan mbah kakung dari abi badanya juga besar sama seperti Helmi." Aku menjelaskan. Namanya juga anak-anak amat lugu dan polos, apa yg ia dengar menurutnya itulah yg benar.

Helmi....ummi selalu berdo'a untukmu tidak hanya di hari ulang tahun ini, jadilah anak yg soleh, rajin mengaji, rajin sholat, rajin belajar biar kelak menjadi orang yg berguna bagi banyak orang dan dirimu sendiri, berbaktilah pada orang tua, dan yg terpenting YA....BUNAYA, LAA TUSRIK BILLAH!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar