Sabtu, 28 Maret 2015

Spageti Ala Ummi

Basko atau mie ayam adalah makanan yang banyak digemari, tidak terkecuali oleh keluarga kami. Biasanya disaat kami ngumpul diakhir pekan, hampir tidak terlewat, kami menikmati makanan ini, sebagai teman ngumpul agar semakin seru. Apalagi sekarang tepat didepan rumah kami, ada penjual bakso dan mie ayam, yang rasanya lumayan enak. Jadi ketika malas pergi keluar, kami tetap bisa menikmati makanan ini, tanpa harus bersusah payah.

Tapi...terlalu sering makan bakso atau mie ayam, lama kelamaan bosan juga. Apalagi kedua makanan tersebut, bukanlah makanan sehat (menurutku), karena banyaknya MSG yang ditambahkan ketika membuatnya. Akhirnya aku berusaha mencari alternatif makanan lain yang semisal, tapi sehat dibadan juga sehat dikantong. Akhirnya aku mencoba membuat spageti, yang resepnya aku dapatkan dari hasil obrolan bersama teman-teman. Namun aku tidak mengikuti sepenuhnya resep yang aku dapatkan itu, tapi aku modifikasi sesuai seleraku. Dan hasilnya lumayan enak, dan yang pasti lebih sehat karena aku tidak menambahkan MSG. Gimana mau menambahkan, orang dirumahku nggak ada persediaan MSG.


Aku menggunakan spageti lafonte ukuran 500 gr, yang biasa ada di minimarket. Spageti aku rebus sekitar 10 menit, dengan menambahkan sedikit minyak sayur pada air rebusannya, agar tidak saling menempel. Karena panci yang aku punya ukurannya kecil, jadi aku membagi spageti menjadi dua bagian, untuk aku rebus 2 kali. Ternyata spageti 500 gr, setelah direbus hasilnya lumayan banyak lho. Kira-kira bisa menjadi 8-10 porsi (ukuran kami). Setelah matang, spageti aku angkat dan aku tiriskan.

Untuk sausnya, aku tidak menggunakan saus khusus spageti yang juga tersedia diminimarket, tapi  aku membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang masih segar. Bahan-bahan saus yang aku gunakan adalah wortel sebanyak 500 gr dan 2 buah tomat ukuran sedang. Kedua bahan tersebut aku rebus, kemudian diblender.

Sedangkan bumbunya, aku menggunakan 2 butir bawang bombay ukuran sedang, 5 butir bawang putih, lada secukupnya (bisa lada bubuk atau lada bulat yang dihaluskan), oregano untuk ditaburkan pada spageti sebagai penambah aroma, gula dan garam secukupnya. Bisa juga ditambahkan kecap asin. Agar spageti semakin nikmat, bisa ditambahkan daging cincang, sosis, telur atau keju parut, opsional saja sesuai selera.

Cara membuatnya sangat mudah. Tumis bawang bombay dan bawang putih yang sudah dicincang kasar menggunakan sedikit margarin atau minyak sayur. Setelah layu dan tercium aroma harum, tambahkan daging cincang atau bahan tambahan lainnya, aduk-aduk agar tidak gosong.  Beri sedikit air untuk mematangkan. Setelah air menyusut, masukkan wortel dan tomat yang sudah diblender. Aduk-aduk agar tidak gosong sambil menambahkan lada, gula, kecap asin (bisa diganti garam) sampai rasanya pas sesuai selera kita. Setelah saus mendidih dengan kekentalan yang cukup, matikan api.

Cara menghidangkan, ambil spageti secukupnya, letakkan kedalam piring. Taburi oregano secara merata, tambahkan saus diatasnya dan taburi dengan keju parut. Untuk rasa pedas, tambahkan saus cabe. Hidangkan selagi saus masih hangat. Spageti pun siap disantap !






 

8 komentar:

  1. Mie Instan memang banyak sekali mengandung MSG. Kami sekeluarga mengkonsumsi MIE Instant hanya 1 kali sebulan saja. Diawasi ketat. Sedangkan untuk membuat Spagheti, walau agak repot memang nyaman membuat dan mengolah sendiri bahan bahan racikannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus, Pak. Bisa membatasi akan mie instan1 bulan sekali :)

      Hapus
  2. memasak sendiri memang lebih meyakinkan mbak..tahu persis apa yg diolah. btw krn ada wortel jg yg diblender,warnanya jd agak oranye ya? salam kenal,selamat menikmati spagetti sehatnya :)

    BalasHapus
  3. setuju sama komen mak harjanti.. saya suka spaggetu juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak saya juga suka, enak dan mantap rasanya, juga nyaman menikmatinya karena olahan sendiri :)

      Hapus
  4. Boleeeh nih ntr malam bikin hehhehe jd ngillet

    BalasHapus