Jumat, 19 September 2014

Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Makan nasi jagung lauknya iwak peyek (persis trio macan), ternyata enak banget, looh! Tentu saja bagi yang suka.  Tapi buat yang samasekali belum kenal dengan nasi jagung, mungkin rasanya aneh.

Bahkan, nasi jagung seringkali dipandang sebelah mata oleh banyak orang, karena pada mulanya nasi jagung merupakan makanan pokok ketika jaman penjajahan dan setelah merdeka tapi belum makmur. Sehingga image nasi jagung adalah makanan kaum rendahan, masih saja melekat hingga sekarang.

Setelah pemerintah jaman orde baru waktu itu, sukses melakukan program swasembada pangan, masyarakat beralih mengkonsumsi nasi putih.

Hal ini wajar terjadi, karena nasi putih rasanya memang lebih enak, dan cara memasaknyapun lebih mudah. Tidak seperti nasi jagung yang harus melewati proses yang panjang, untuk bisa terhidang dimeja makan.

Namun, ada beberapa daerah contohnya Banyuwangi, yang masih setia mengkonsumsi nasi jagung, karena nasi jagung memang lebih baik dari nasi putih!

Nasi jagung lebih baik dari nasi putih? Masa sih?
 


Setidaknya, begitulah menurut beberapa pakar kesehatan. Nasi putih merupakan karbohidrat sederhana yang memiliki kadar gula tinggi sehingga mudah memicu terjadinya penyakit diabetes.

Sedangkan jagung merupakan karbohidrat kompleks, yang memiliki kadar gula rendah, tapi memberi rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan nasi putih.

Selain itu, jagung juga memiliki beberapa manfaat seperti yang dilansir Bold Sky (07/10/2013).

1. Kaya serat 

Jagung penuh serat dan membantu mempercepat proses pencernaan dalam tubuh Anda. Menurut banyak penelitian, secangkir setengah jagung menyediakan lebih dari 10 persen serat makanan untuk kebutuhan kita sehari-hari.



2. Asam folat


Jika Anda sedang hamil dan suka makan jagung, itu sangat bagus untuk Anda. Jagung mengandung asam folat yang sangat penting bagi ibu dan bayi selama kehamilan. Asam folat bagus untuk tulang belakang dan berat bayi, dan menghindarkan bayi dari cacat.



3. Untuk kesehatan mata


Jagung sangat bagus untuk nutrisi mata Anda. Jagung diketahui mengandung karotenoid yang mengurangi risiko degenerasi makula. Karotenoid Lutein dan zeaxanthin hadir dalam jagung juga mengurangi perkembangan katarak di kalangan orang tua.



4. Untuk jantung sehat


Jagung merupakan obat yang bagus untuk menjaga jantung Anda supaya sehat. Vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid hadir dalam mencegah penyakit jantung Anda. Karotenoid hadir pada jagung untuk mencegah pengerasan arteri dan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah Anda.



5. Sumber energi


Jagung adalah sumber penting energi dan menyediakan 342 kalori per 100 gram. Jagung mengandung Vitamin B, terutama Niacin dan Thiamin yang sangat penting bagi tubuh dan pikiran kita. Kekurangan niacin dapat menyebabkan demensia, dermatitis, dan Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf.



6. Mengandung banyak mineral


Jagung mengandung banyak mineral seperti magnesium, mangan, besi, tembaga, seng dan selenium yang semuanya sangat diperlukan untuk memfungsikan tubuh manusia. Fosfor adalah penting untuk menjaga kesehatan tulang dan fungsi ginjal sedangkan magnesium mempertahankan denyut jantung supaya normal.



7. Mengatasi anemia


Jika Anda mengalami anemia, jagung harus menjadi bagian penting dari diet harian Anda. Anemia disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, asam folat dan zat besi. Jagung memiliki tingkat signifikan vitamin B12, asam folat dan zat besi yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.



8. Makanan bagi penderita diabetes


Penderita diabetes disarankan untuk memasukkan jagung dalam diet mereka karena mengandung sifat yang membantu kontrol insulin. Studi telah menunjukkan bahwa orang yang makan jagung kurang rentan terhadap diabetes jika dibandingkan dengan orang lain. Fitokimia hadir di jagung membantu mengatur diabetes.

 

9. Anti-kanker


Jagung merupakan sumber yang sangat kaya antioksidan yang melawan berbagai jenis kanker. Senyawa fenolik hadir pada jagung adalah agen anti-karsinogenik, dan melawan kanker payudara dan kanker hati. Antioksidan hadir di dalamnya membunuh sel-sel kanker dalam tubuh kita tanpa mempengaruhi sel-sel sehat lainnya.



10. Untuk kecantikan kulit


Maizena digunakan dalam banyak kosmetik saat ini karena sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Antioksidan hadir dalam mencegah proses penuaan. Sebuah pijatan secara teratur pada kulit dengan minyak jagung meningkatkan tekstur kulit Anda dan membantu Anda mendapatkan kulit yang cerah.


Ternyata manfaat jagung itu sangat besar ya, dari mulai kesehatan, sampai kecantikkan!

Dengan melihat banyaknya manfaat jagung tersebut, pendapat yang mengatakan bahwa jagung adalah makanan orang rendahan, dengan sendirinya terpatahkan!

Ya, iya. Kan, sehat itu kebutuhan semua orang baik kalangan atas, menengah ataupun bawah. Jadi, sesekali beralih ke nasi jagung sebagai pengganti nasi putih itu tidak ada salahnya dan tidak perlu malu.

Seperti program yang dicanangkan oleh DR. Nur Mahmudi Ismail (walikota Depok) dengan One Day No Rice nya. Program ini sangat bagus diterapkan, selain untuk kesehatan, juga untuk memperkenalkan keanekaragaman pangan Indonesia. Yang akan berimbas pada ketahanan pangan masyarakat yang semakin kuat. (ceilee...bahasanya, kayaknya cocok jadi kandidat mentri pertanian, xixixi....)

Selain sebagai nasi, jagung juga bisa dikonsumsi dalam bentuk lain seperti bubur jagung, jagung rebus, bakwan jagung, perkedel jagung, kripik jagung, pop corn, dll.

Untuk nasi jagung, mungkin sebagian dari kita berfikir pasti susah membuatnya. Ternyata tidak juga. 

Dijaman yang serba instan, hampir semua hal tersedia dalam bentuk instan, tak terkecuali nasi jagung. 



Beberapa hari kemarin, aku membeli satu bungkus nasi jagung instan dari seorang temen. Pada kemasannya terdapat panduan memasak yang sangat mudah, tinggal menyeduhnya dengan air panas, kemudian mengukusnya. Kita tidak perlu menumbuk, mengayak, merendam dengan air, dst seperti yang dilakukan oleh orang tua jaman dulu. 
Akhirnya, seharian kami makan nasi jagung sama iwak peyek dengan lahap. Wuih...mantap!

Jadi, sangat mudah jika sesekali kita ingin mengganti nasi putih dengan sumber karbohidrat lain seperti nasi jagung. Semuanya sudah tersedia tanpa harus bersusah payah.[SK]   

 


4 komentar:

  1. saya pikir nasi jagung itu hanya sebuah kiasan saja, ternyata memang ada ya, nasi jagung itu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ini nyata :) tidak hanya ada di dalam lagu aja.

      Hapus
  2. Wah, kalau udah ada yang kemasan lebih praktis ya

    BalasHapus