Jumat, 06 Maret 2015

Kue Daur Ulang

Ternyata nggak hanya sampah yang bisa didaur ulang, tapi makanan juga bisa. Dan sebagai ibu rumahtangga, aku pikir perlu juga memiliki kebisaan mendaur ulang makanan, agar tidak ada makanan yang terbuang sia-sia, atau setidaknya mengurangi.

Untuk menyiasati makanan agar anak dan suami tidak bosan menikmati, aku pun sering kali berkreasi mendaur ulang makanan. Contohnya kemarin. Aku menyulap biskuit roma kelapa (BRK), menjadi bolu panggang dengan rasa yang berbeda dari bolu panggang biasa. 

Berawal dari kebiasaanku menyimpan BRK sebagai cemilan yang selalu ada dimeja makan, lama kelamaan kami, terutama anak-anak merasa bosan juga. Sampai akhirnya satu bungkus BRK tidak habis dimakan selamakan satu minggu. Kalau dibiarkan lebih lama, BRK bisa basi dan akhirnya mubadzir, pikirku.

Ketika sedang bosan dengan BRK, eh, malah ada ibu-ibu pengajian memberiku sekantong kue yang salah satunya adalah BRK. Waduh, jadi banyak, nih! Akhirnya aku memutar otak, gimana caranya agar BRK tidak mubadzir. Dan...tink! (ada bola lampu diatas kepala) Munculah ide membuat "bolu panggang biskuit roma kelapa"

Setelah aku siapkan bahan tambahannya yaitu: 100 cc santan dari 1/2 butir kelapa parut, 50 gram tepung terigu, gula pasir 50 gram, aku pun mulai membuat kue daur ulang ini.

Pertama, BRK aku masukkan kedalam plastik yang bersih. Kemudian hancurkan menggunakan ulekan dari luar plastik. Setelah BRK hancur, aku tuang kedalam wadah, kemudian ditambahkan dengan santan tepung terigu dan gula pasir. Aduk menggunakan tangan, sampai adonan halus dan tercampur rata.

Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin atau minyak sayur. Tuang adonan kue kedalam loyang, dan masukkan kedalam oven yang sudah dipanaskan. Panggang selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang. Setelah kue matang, letakkan kedalam piring kue, potong-potong sesuai selera dan...kue daur ulang "bolu panggang biskuit roma kelapa" siap dinikmati!


rasanya lumayan enak :)

Ternyata tidak sulit mendaur ulang makanan. Yang penting ada kemauan dan sedikit kreatifitas, maka akan tercipta makanan dalam bentuk lain, dengan citarasa yang berbeda. Dan yang lebih penting, dengan mendaur ulang makanan, tidak akan ada lagi makanan yang terbuang percuma.

22 komentar:

  1. Hahahaha terkecoh saya. Saya pikir daur ulang di sini artinya Digoreng Kembali. Heiheiheiheihiee. Salah donk saya hiehiehiehiee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digoreng lagi termasuk daur ulang nggak, ya? *mikir dulu*
      Tujuannya, sih, biar makanan tetap dimakan :)

      Hapus
  2. Woalah.... Bs juga ternyata. Saya daur ulang biasanya lauk pauk hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lauk atau kue bisa didaur ulang, yang penting enak dimakan lagi :)

      Hapus
  3. kaya nasi yg kering juga masih bisa di daur ulang yah buk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang sudah tidak layak untuk dimakan nggak perlu kali ya :)

      Hapus
  4. ooo bisa jadi gitu ya, pengen nyobain

    BalasHapus
  5. Dulu waktu masih kecil ibu suka mendaur ulang makanan, tapi paling ya digoreng atau dikukus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama Mak, ibu saya juga. nasi kemarin biasanya pagi2 dibuat nasgor buat sarapan :)

      Hapus
  6. hehehehe..kreatif banget,pakai santan ya ternyata..sip2,makasih resepnya^^
    salam kenal mak :)

    BalasHapus
  7. Waah keren Mak. Saya biasanya daur ulang lauk. Kalo kue belum pernah. Patut ditiru nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lauk juga kadang harus didaur ulang Mak, biar kemakan :)

      Hapus
  8. mba....saya juga suka bikin kue daur ulang loh. kemarin minggu ada singkong goreng yg ga abis dimakan. saya sulap, singkong diblender, rebus tambah agar2, gula pasir, susu dan jagung pipil. niatnya bikin puding singkong tapi ternyata teksturnya malah kaya bubur. jadi aja ga pede mau posting. tapi tetep hampir habis sih...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya perlu ditambah telor Mbak, (kira2) :)

      Hapus
  9. saya juga suka mendaur ulang. Daripada kebuang hehe

    BalasHapus