Rabu, 21 November 2012

KRIUK JAMUR

image from here
 
"Assalamualaikum, goreng jamur tepung terigunya diairin apa ga sih?" Sebaris SMS dari Eka. Sore-sore hujan begini memang enaknya bikin yang kriuk-kriuk, salah satunya kriuk jamur.
 
Berawal dari kebiasaan Helmi yang suka coba-coba resep didapur, akhirnya aku jadi tahu cara bikin kriuk jamur. Helmi yang hobi makan sepertinya kurang puas dengan membeli kriuk jamur di sekolah, yang seribu cuma seumprit, nggak nendang, katanya. Maklum, badannya yang jumbo tentu sesuai dengan nafsu makannya yang juga besar, meski aku sering mewanti-wanti agar mengurangi porsi makannya karena khawatir obesitas.

Mencoba kriuk jamur hasil bikinan Helmi ternyata enak juga, apalagi makannya dicocol pake saus pedas, hmm....tambah nikmat. Helmi tahu cara bikin kriuk jamur, setelah ia mengamati abang-abang penjual membuatnya. 
 
Hari Jumat kemarin  kebetulan aku ketempatan liqo, dan aku sukses membuat kriuk jamur. Tidak hanya sukses membuatnya, tapi juga sukses menyajikanya. Semua yang hadir terlihat suka dan menikmati kriuk jamur hasil bikinanku,  sehingga laris manis tak bersisa, membuatku senang dan bangga (halagh).
 
Rupanya Eka masih penasaran dan ingin mencobanya lagi, jadilah Ia kirim SMS seperti diatas. Caranya membuat kriuk jamur gampang kok Ka...
 
  1. Siangi jamur (jamur merang) buang akarnya, belah menjadi 2 atau 3 bagian kemudian cuci hingga bersih.
  2. Rendam jamur pada air yang sudah diberi masako dan beri sedikit garam (sesuai selera).
  3. Angkat jamur dari rendaman, tiriskan sebentar kemudian gulingkan pada tepung terigu kering sampai jamur tertutup semua. Usahakan jamur tidak menyatu/ terpisah-pisah.
  4. Goreng jamur pada minyak panas sampai berwarna kuning kecoklatan alias golden brown (menurut chef).
  5. Angkat dan sajikan bersama saus pedas atau saus tomat.
 
Silahkan mencoba, semoga bermanfaat. Berbagi resep juga berpahala loh....aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar