Senin, 10 Desember 2012

One Day No Rice

image from here
 
Sehari tanpa nasi, adalah program yang dicanangkan oleh kementrian pertanian, dalam rangka mengurangi tingkat ketergantungan kita terhadap beras, dan untuk membuat kita lebih mengenal keanekaragaman pangan yang terdapat di Indonesia.
 
Seperti yang kita tahu, sumber karbohidrat bukan hanya nasi saja, tapi bisa berasal dari jagung, gandum dan umbi-umbian seperti singkong, ubi, tales, dll. Kita tidak perlu khawatir akan kekurangan karbohidrat dengan sehari tidak makan nasi, karena kita bisa menggantinya dengan sumber karbohidrat yang lain.

Nasi yang memiliki kadar gula cukup tinggi dibanding dengan sumber karbohidrat lain, sangat bagus untuk dikurangi konsumsinya, karena hal ini akan mengurangi resiko penyakit diabetes.
 
Terlepas dari semua alasan tersebut diatas, program one day no rice  menurutku sangat menarik. Setiap hari mengkonsumsi nasi   terkadang membuat kita merasa bosan, dan ingin menggantinya dengan makanan lain. Meski kita kadang berpendapat, belum kenyang jika belum makan nasi, menurutku pendapat tersebut tidak selamanya benar.
 
Jika saat makan siang kita tidak makan nasi tapi makan mie ayam atau somay yang juga mengandung karbohidrat atau kita mengganti nasi dari beras dengan nasi jagung lengkap dengan buah dan sayur, aku pikir ini cukup mengenyangkan terutama untuk kita yang peduli pada kesehatan dan selalu menjaga berat badan ideal.
 
Untuk daerah tertentu seperti kota Depok, program sehari tanpa nasi ini sudah berjalan hampir dua tahun. Pemkot Depok menjadikan hari selasa sebagai hari tanpa nasi, dengan terlebih dahulu meberlakukan anjuran tersebut pada para aparaturnya, agar lebih mudah ditiru oleh masyarakat luas.
 
Aku pribadi belum pernah mencoba sehari tanpa nasi, tapi saat ini sedang ingin mencobanya, salah satu alasannya adalah karena kangen sama nasi jagung plus iwak peyek ala kampung halaman. Tapi mudah-mudahan suatu saat aku akan benar-benar mencoba meski tidak ada nasi jagung plus iwak peyeknya
 
 
                       ***Sehari tanpa nasi? kenapa nggak, sehat loh***  
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar