Selasa, 28 Februari 2012

MEWASPADAI PERTEMANAN

Berteman dan berkomunitas merupakan kebutuhan bagi manusia sebagai makhluk sosial. Tidak hanya di dunia nyata, dunia mayapun menjadi ajang untuk menjalin pertemanan bahkan dg jangkauan yg lebih luas karena tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Dimana dan kapan saja kita bisa mengakses internet, di situlah kita bisa menjalin hubungan dg teman dunia maya kita. Tetapi bagaimanapun maya dan nyata adalah sesuatu yg tidak sama, oleh karena itu kita harus menyikapinya secara berbeda.

Meski sudah berusaha seselektif mungkin memilih teman disebuah jejaring sosial, tapi dari beberapa ribu orang ada saja satu dua yg bertingkah "nyleneh", seakan mengharap lebih dari sekedar berteman, ada yg mengajak chat video, ada yg bertanya macam-macam, ada juga yg menujukan link yg isinya entah apa (tidak aku buka karena mencurigakan).

Belum lagi para bule dari negri sebrang, datang silih berganti tak pernah henti, satu di cuekin muncul lagi yg lain. Dengan rayuan mautnya mereka tak segan-segan mengumbar kata, cantik lah, i want to meet you face to face lah, you are always in my dream lah, i want marry with you lah, bla bla bla.

Yang terbaru, orang mengaku saudaranya Muamar Khadafi dan memiliki deposit uang senilai $10 miliar, yg akan di serahkannya padaku jika aku mau, tentu saja aku tidak mau (hare gene, red).

Berhadapan dg berbagai macam karakter manusia adalah sebuah keniscayaan dalam bergaul, dan buatku hal seperti ini adalah biasa, tidak membuat kaget, heran apalagi merasa tersanjung.   Tapi bagaimana jika yg menghadapi adalah anak-anak remaja SMP SMA yg kepribadiannya masih labil?

Tentu ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua khususnya aku. Bagaimana kita para orang tua harus bisa membekali pemahaman yg cukup kepada anak-anak agar mewaspadai pertemanan mereka didunia maya dan nyata, sehingga mereka tidak mudah terpedaya oleh kata-kata orang yg tidak bertanggung jawab.

 

6 komentar:

  1. Betul...Memang jaman sekarang ini orang sudah menghalalkan segala cara untuk kepentingan pribadinya dan lebih parah lagi kadang-kadang tega memakan teman sendiri....masya Allah...dunia memang sudag tua...
    http://c4h-purwokerto.blogspot.com
    Mohon kunjungan baliknya terima kasih

    BalasHapus
  2. memang kita hrs ekstra hati2. InsyaAllah meluncur ke blog anda...

    BalasHapus
  3. assallamualaikum blogwalking bu salam kenal :)

    BalasHapus
  4. @ Om Osan: waalaikum slm wr...salam kenal kmbali...:)

    BalasHapus
  5. Ass..kunjungan mlm..follow back ya ,Bu..mksh

    http://humulmuflihuun.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Waalaikum slm wr...insyaAllah follback, URLnya agak susah di ingat loh...

    BalasHapus